Tingkatkan Produksi Kelapa dengan Perantara Lebah

  • Whatsapp
KELAPA

PALU, MERCUSUAR – Tim dosen dari Universitas Alkhairaat (Unisa) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM), melatih kelompok masyarakat dari Desa Salubomba, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, untuk mengembangkan produksi buah kelapa melalui budidaya lebah.

Dalam program yang menjadi bagian dari program pengabdian masyarakat, yang dikembangkan oleh kementerian, dengan orientasi pada pemberdayaan masyarakat. Salah seorang anggota tim, Sitti Sabariyah menyebutkan, tujuan program tersebut adalah mendorong kelompok masyarakat setempat untuk berwirausaha pascabencana.

“Jadi ini merupakan salah satu judul proposal yang lolos lomba nasional. Dalam hal ini kami mencoba memberdayakan kelompok tani melalui budidaya ternak lebah berbasis kelapa, dengan tujuan meningkatkan ekonomi masyarakat pascabencana di Desa Salubomba,” jelas Sabariyah, Minggu (17/8/2020).

Dalam pelatihan tersebut, oleh tim dosen Unisa Palu yang terdiri dari Spetriani, Sitti Sabariyah, dan Muhammad Jufri, warga diberikan edukasi mengenai pemanfaatan ternak lebah, yang penyerbukannya disebut dapat meningkatkan produksi buah kelapa mencapai 50-80 persen.

Pilihan Redaksi :  Menghapus Pelajaran Sejarah, Menghapus Memori Bangsa

Hal itu berdasarkan pertimbangan, bahwa lokasi setempat memiliki potensi yang cukup besar dan cocok untuk budidaya lebah, sedangkan produksi kelapa belum terlalu banyak. Selain itu, masyarakat setempat juga belum pernah mendapatkan bimbingan terkait budidaya lebah.

“Dengan budi daya lebah, selain meningkatkan produksi buah kelapa, juga akan menambah pendapatan tambahan melalui penghasilan madu. Pendampingan ini akan dilaksanakan selama 8 bulan,” tandas Sabariyah. */IEA

Baca Juga