Tips Praktis Hindari Virus Corona

dr Sarifuddin, Sp.P

0 95

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Dokter spesialis paru di Rumah Sakit Anutapura Palu, dr Sarifuddin, Sp.P, meminta masyarakat tidak perlu panik dengan adanya virus corona. Alangkah baiknya kata dia, kita memulai hidup sehat dan memperhatikan lingkungan sekitar. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Bagi masyarakat yang terkena flu, sebaiknya berdiam diri di rumah sambil menunggu flunya redah. Kalaupun, harus keluar rumah atau bepergian ke tempat lain, sebaiknya menggunakan masker. Jangan sampai, menyebar virus. Ia juga mengatakan, kalau penggunaan masker diperuntukkan untuk orang yang sakit.

Sementara di lingkungan sekitar, biasakan hidup bersih dan sehat. Bila bepergian ke pusat perbelanjaan atau tempat keramaian, hindari hal-hal yang bersentuhan langsung dengan tubuh terutama tangan. Bekas  sentuhan tangan orang lain, juga berpengaruh dengan kesehatan.

“Ya, contohnya seperti pintu WC umum atau lift. Bekas sentuhan tangan pasti meninggalkan bekteri. Kalau ketahanan tubuh kita kurang, bisa pengaruh pada kesehatan,”katanya, Rabu (4/3/2020).

Sehingga, ketika pulang dari bepergian harus mencuci tangan dengan sabun. Bila perlu bersihkan anggota tubuh. Hindari menyentuh bagian wajah usai menyentuh sesuatu yang sudah disentuh orang lain. Karena virus corona ini bisa menyerang bagian kulit.

“Pada intinya, pola hidup sehat harus diutamakan. Biasakan mencuci tangan usai melakukan sesuatu. Luangkan waktu berolahraga dan menjaga kebersihan lingkungan, baik di rumah maupun di luar,”ungkapnya. IKI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish