TNI Bangun Rumah Stimulan di Sigi

0 50

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI,MERCUSUAR-TNI mulai membangun rumah stimulan tahap I untuk masyarakat di Kabupaten Sigi. Dalam pembangunan rumah stimulan tersebut, Dansub Satgas Sektor Sigi mendapat 88 personil.

Hal tersebut dikatakan, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1306 Donggala/Sigi selaku Dansubsatgas sektor Sigi Mayor (Inf) Tomi Heriyanto, saat memimpin pembangunan rumah stimulan tahap satu milik masyarakat, di Dusun tiga Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kamis (7/11/2019).   

Katanya, dari jumlah personil tersebut dibagi dua 44 orang di sektor Biromaru dibawah arahan Koramil Biromaru dan 44 personil di sektor Koramil Dolo.

“Untuk setiap sektor kita bentuk masing-masing enam kelompok yang langsung insert ketiap-tiap sasaran, jadi setiap satu rumah terdiri dari tujuh orang TNI, yang dibantu BPBD dan tukang yang disiapkan oleh pemilik rumah,” jelasnya.

Kata dia, yang sudah ditempatkan sekarang adalah di Desa Kotarindau. Untuk Kecamatan Dolo ada enam kelompok, empat di Desa Kotarindau dan dua kelompok ditempatkan di Desa Potoya Kecamatan Dolo.

Untuk sasaran pembangunan rumah stimulan di Sigi sebanyak 338 unit. TNI hanya membantu percepatan pembanguan rumah masyarakat dan pengawasannya.

“Kita mensuport masyarakat sama sama percepat membangun rumah. Intinya kita juga dibantu oleh BPBD Sigi sebagai PPK nya. Pencairan dana tahap satu sudah cair, kita genjot masyarakat untuk bisa di selesaikan. Sehingga pencairan tahap berikutnya, bisa lebih cepat. Serta lebih efektif waktu yang diberikan bisa cepat tercapai pembangunan rumah,” terangnya.

“Jika bahannya lengkap, maka pembangunan rumah bisa cepat selesai,” imbuh Tomi.

Menurutnya, usulan tahap dua dilakukan setelah pembangunan tahap satu selesai, dimonitoring fasilitator, diambil dokumentasi pertanggungjawaban oleh masyarakat.

 

“Kita fasilitasi untuk pengajuan pencairan tahap dua, kita  selesaikan dan disesuaikan dengan detail denahnya yang sudah ada,” jelasnya.

 

Pemilik rumah yang di bangun di Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo,  Saminah dan Hendra mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Pemeritah Pusat, Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Sigi, dan TNI atas bantuan pembangunan rumah mereka. Mereka berharap pembangunan rumah dipercepat, sehingga bisa segera ditempati.AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish