Tukar Sampah Plastik dengan Rp2000

  • Whatsapp
Tukar Sampah Plastik
BANK SAMPAH - Peletakan ecobrick diatas lahan Bank Sampah Matuvu Pura Jalan Banteng IV  oleh Lurah Birobuli Selatan, Hisyam Baba bersama IBU Foundation, Senin (23/11/2020). FOTO:ANDI BESSE/MS

BIROBULI SELATAN, MERCUSUAR – Persoalan sampah di perkotaan menjadi persoalan serius yang dihadapi Kota Palu, ini dianggap menjadi ancaman serius. Untuk itu, Pemerintah Kelurahan Birobuli Selatan membangun Gedung Bank Sampah Matuvu Pura, proses penyimpanan sampah dilakukan di Jalan Banteng, dengan nilai sampah plastik Rp.1000 per kilogram, sedangkan sampah botol yang kondisi sekali pakai dibayar Rp.2000.

Bangunan itu merupakan, dukungan IBU Foundation dengan membentuk empat bank sampah di Kota Palu, salah satunya di Kelurahan Birobuli Selatan Kecamatan Palu Selatan.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Kunjungin Akademi Farmasi Tadulako Farma, Anggota DPR RI Dengarkan Aspirasi

Lurah Birobuli Selatan, Hisyam Baba mengatakan, siapa saja dapat menjadi nasabah Bank Sampah Matuvu Pura dengan membawa kartu identitas diri berupa KTP. “Datang bawa sampah plastik bawa pulang buku tabungan berisikan saldo hasil timbangan sampahnya, selain membersih sampah dari rumah dan ditukar dengan rupiah,” ujarnya, Senin (23/11/2020)

Dia mengatakan, pembangunan Bank Sampah Matuvu Pura dengan anggaran kisaran Rp.12 juta bantuan IBU Foundation, belum masuk bantuan peralatan mesin, dibangun diatas lahan tanah konsolidasi atau tanah restan seluas 70 meter dan panjang 20 meter.

Hisyam mengatakan, ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam upaya mengatasi bahaya sampah, sehingga memiliki nilai ekonomis di Kota Palu, diharapkan bank sampah ada keberlanjutan melaului kegiatan daur ulang atau 3R (Reduce,Reuse dan Recycle) serta adanya kolaborasi antara pemda, masyarakat dan dunia usaha.

Pilihan Redaksi :  BNN Palu Gendeng Sekolah Sukseskan Programkan P4GN

“Guna mengatasi persoalan sampah, maka diperlukan kebijakan dan strategi yang tepat, seperti sinergi antara perlindungan lingkungan hidup dalam melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan,” harapnya

Dibutuhkan tekad bersama untuk pelembangan budaya bersih dan bijak dalam mengelolah sampah dan kerjasama dalam memerangi sampah menuju Palu Bersih,Indah dan Asri.

Sebelum menuju lokasi pembangunan Bank Sampah Matuvu Pura, terlebih dahulu dilakukan penimbangan sampah dari pihak mitra yang dihadiri  perwakilan DLH Kota Palu, M. Saiful, perwakilan IBU Foundation, Lingkar Hijau, Tokoh Masyarakat dan Pengurus Bank Sampah Matuvu Pura Kelurahan Birobuli Selatan. ABS

Baca Juga