Ujian Kesetaraan, Permudah Warga Dapatkan Ijazah

  • Whatsapp
Ujian Kesetaraan

UJUNA, MERCUSUAR – Ujian kesetaraan merupakan salah satu program pemerintah, guna mempermudah warga yang putus sekolah mendapatkan ijazah resmi, makanya pemerintah membuka ujian tersebut rutin setiap tahunnya.

Ujian kesetaraan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena tahun ini ujian akan dilaksanakan sebanyak dua kali, olehnya rencananya ujian tersebut kembali dilaksanakan pada September 2021 mendatang, makanya masyarakat yang merasa igin mendapatkan ijazah bisa mendaftarkan diri di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu.

Berita Terkait

Kepala PKBM Kana Mapande Palu, Ruli Firmansyah mengatakan saat ini sudah membuka pendaftaran bagi para masyarakat yang putus sekolah untuk bisa mendapatkan ijazah kesetaraan.

“Ijazah yang mereka dapatkan jangan diragukan lagi karena sama statusnya dengan ujian yang ada di sekolah masing-masing, sebab masyarakat juga akan mendapatkan bimbingan belajar yang rutin dilaksanakan setiap minggunya. Pendaftaran dibuka gratis tanpa adanya pungutan jadi tunggu apalagi,” katanya, Kamis (8/4/2021).

Ia menambahkan pendaftarannya sangat mudah karena seluruh peserta yang ingin mengikuti ujian hanya melampirkan ijazah terakhir dan Kartu Keluarga (KK), sehingga warga tinggal melihat ijazah apa yang mereka ikuti sesuai dengan ijazah terakhir mereka.

“Kami mengatakan bahwa program ini sangat baik karena masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan ijazah untuk berbagai keperluan, makanya kesempatan ini sangat baik untuk masyarakat yang ingin membutuhkan ijazah dari tingkat apapun mulai dari ijazah tingkat SD, SMP hingga SMA sederajat,” terangnya.

Sementara untuk ujian kesetaraan kali ini masih banyak peserta yang tidak bisa hadir karena alasan masih kerja dan berbagai lainnya, sehingga mereka juga masih bisa ikut ujian susulan untuk para peserta yang belum bisa ikut tahun ini. UTM

Baca Juga