Unisa Palu, Latih Warga Kaliburu Buat Sambal Ikan

  • Whatsapp
Unisa

LERE, MERCUSUAR – Universitas Alkhairaat, Palu menggelar program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) di Desa Kaliburu, Kecamatan Sindue Tambusabora, Kabupaten Donggala, Sabtu (18/7/2020). Program itu memberikan pelatihan dan keterampilan membuat sambal, burger dan rempeyek berbahan baku ikan teri.

Pelatihan diikuti sekitar 40 kaum perempuan. Mereka dilatih oleh instruktur yang juga dosen Unisa Palu yakni Mawar, Asrawaty dan Ningsih.

Kepala Desa Kaliburu, Anshor M Sholeh dalam sambutannya di mengaku sangat berterima kasih kepada pihak Unisa Palu yang membantu ibu-ibu di Desa Kaliburu melalui pelatihan pembuatan sambal dan burger. Ia berharap kaum perempuan di Desa Kaliburu bisa mendapatkan ilmu yang berharga dan nantinya diterapkan di desa.

Bahkan Ansor pun siap membantu warga dalam mengembangkan usahanya melalui anggaran dana desa. Untuk tahun depan, Ansor mengaku akan menyiapkan anggaran  Rp 100 juta bagi pengembangan usaha ibu-ibu.

Pilihan Redaksi :  Warga Lolu Selatan DBD, Dinkes Lakukan Fogging

Sementara itu, Ketua Program PPDM Unisa Palu, Ahsan Marjudo menyampaikan pihaknya siap membantu warga Desa Kaliburu dalam mengembangkan keterampilan dan  ilmu di bidang kuliner. Menurutnya, dengan potensi sumber daya laut yang melimpah maka warga desa khusnsnya kaum perempuan punya modal besar dalam mengembangkan keterampilan.

‘’Desa ini sangat kaya akan sumber daya perikanan. Sayang kalau tidak dimanfaatkan. Apalagi desa ini memang terletak di pesisir pantai.Ini sangat mendukung,’’tandasnya. IKI/*

Baca Juga