Untad Gelar Upacara Peringatan HUT RI

0 83

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TONDO, MERCUSUAR – Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Jumat (17/8/2018). Ribuan civitas akademika Untad mengikuti upacara yang dilangsungkan di Lapangan Upacara Untad tersebut. 

Rektor Untad, Prof Dr Ir Muh Basir, SE, MS, bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam penyampaiannya sebelum membacakan sambutan tertulis Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, Prof Basir menyampaikan ucapan selamat datang kepada para mahasiswa baru.

Kata Rektor, tahun ini mahasiswa baru (maba) di Untad mencapai 13.427 orang, yang tersebar di 11 fakultas di lingkungan Untad. Belasan ribu maba ini merupakan mereka yang berhasil lolos dari jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN, serta SMMPTN.

Prof Basir, saat membacakan sambutan Menristekdikti menekankan, peringatan HUT ke-73 RI, tidak hanya menjadi momen peringatan semata, namun menjadi momen yang tepat untuk merefleksikan kembali capaian yang telah diraih dan bersiap atas segala tantangan ke depan.

“Di antaranya pemberantasan korupsi, penguatan daya saing, serta revolusi industri 4.0. Tantangan-tantangan tersebut, tidak boleh menjadi penghalang dalam menumbuhkan semangat bangsa Indonesia, karena kita yakin, sepanjang kita bersatu, bergotong-royong, bersungguh-sungguh dan bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja amanah pada bidang tugas kita masing-masing, kita akan mampu menjawab tantangan ini,” jelasnya.

Saat ini kata Rektor, masih perlu adanya peningkatan pemanfaatan iptek dan inovasi bagi masyarakat, khususnya bagi para pelaku ekonomi dan industri. Olehnya sebagai institusi iptek, kampus kata dia, harus terus meningkatkan sinergi dengan para pelaku industri dan masyarakat, sehingga iptek dan inovasi dapat memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa dan menjawab permasalahan bangsa.

Pada momen upacara peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di Untad tersebut, Rektor juga memberikan penghargaan Satyalencana Karyasatya kepada 51 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Untad, yang telah mengabdikan dirinya selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun. Selain itu, Rektor juga secara simbolis menerima 13.427 mahasiswa baru Untad tahun akademik 2018/2019 dengan memasangkan atribut Untad kepada sejumlah perwakilan mahasiswa baru. JEF

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish