Untad Kenalkan Potensi ke Pemkab Sigi

  • Whatsapp
FOTO SIGI DAN UNTAD

SIGI, MERCUSUAR – Universitas Tadulako (Untad) memiliki potensi sangat besar, karena memiliki dosen 1.342 orang, mahasiswa sekira 39 ribu orang dan pegawai sekira 600 orang. Artinya, Untad memiliki penduduk sekira 40 ribu orang.

Potensi tersebut agar dapat dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

Demikian dipaparkan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Untad, Muh Rusydi saat pertemuan dengan Pemkab Sigi yang dihadiri Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta; Kepala BP3D Sigi, Sutopo Sapto Condro dan Kabag Humas, Ariyanto di Kantor Bupati Sigi Sementara di Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Selasa (4/8/2020).

Potensi tersebut, lanjutnya, juga telah diperkenalkan ke pemkab-pemkab di Sulteng agar Untad dapat dimanfaatkan bersama oleh masyarakat, hingga kedepan bisa membangun daerah-daerah yang ada di Sulteng khususnya Kabupaten Sigi  pada sektor pendidikan di Untad.

Pilihan Redaksi :  Kantor Dinas Cipta Karya dan SDA - Perbaikan Dilanjut 2021

“Kegiatan dalam rangka ingin memperkenalkan program yang digagas oleh Menteri yaitu terkait implementasi dari pada kampus merdeka kedepan. Sehingga ada tempat-tempat dimana mahasiswa kita ditempatkan untuk magang maupun KKN, mengingat KKN kedepan tidak akan berbeda dengan KKN yang akan dilaksanakan sekarang ini,” jelasnya.

Olehnya itu, lanjut Muh Rusydi, pihaknya akan terus turun untuk menyampaikan potensi besar Untad agar dilirik pemkab-pemkab di Sulteng. “Itulah tujuan kami hadir di setiap kabupaten kedepan, untuk menyampaikan Untad sekarang ini tidak lagi 4.000 mahasiswa tetapi sudah 39 ribu orang. Bahkan Untad pernah menerima mahasiswa se Indonesia urutan kedua terbanyak, hal ini merupakan suatu lompatan yang sangat besar untuk Untad,” ujarnya.

Pilihan Redaksi :  Jembatan Gantung Tuva Kembali Dibangun

Ditambahkannya, tugas LPPM adalah melaksanakan, mengkoordinasikan dan memantau, mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat sekaligus didalamnya terkait dengan hak cipta.

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta mengatakan kemajuan suatu daerah tidak hanya dilihat berdasarkan kemajuan infrastruktur dan unsur penunjang lainnya saja, namun juga termasuk di dalamnya kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki suatu daerah.

Dia berharap Untad dapat membantu Kabupaten Sigi dalam meningkatkan kapasitas SDM melalui pendidikan, pengabdian dan penelitian untuk Kabupaten Sigi yang lebih maju.AJI

Baca Juga