Vaksin untuk Nakes Dimulai di Tiga Daerah

  • Whatsapp
Komang Adi Sujendra

PALU, MERCUSUAR – Proses vaksinasi COVID-19 untuk para tenaga kesehatan (Nakes) di Provinsi Sulawesi Tengah, akan dimulai pada 14 Januari 2021. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng, dr. Komang Adi Sujendra, saat dihubungi, Selasa (12/1/2021).

Ia menjelaskan, proses vaksinasi untuk para Nakes terbagi dalam dua termin. Masing-masing termin 1 dimulai pada 14 Januari 2021, untuk 3 daerah di Sulteng yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Poso.

Berita Terkait

“Vaksinasi untuk tenaga kesehatan ini dibagi ke termin 1 dan 2. Untuk termin 1 dimulai 14 Januari 2021, di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Poso. Ini sudah pas dengan sistem, ya, 2 dosis untuk tiap nakes di daerah-daerah itu,” ujarnya.

Pilihan Redaksi :  Pasien Covid-19 Meninggal Capai 250 Orang

Untuk termin 2, lanjut Komang, akan dilaksanakan sekitar bulan Februari 2021 mendatang, dengan sasaran para nakes di 10 kabupaten lainnya di Sulteng.

“Termin 2 bulan Februari, tapi saya belum bisa memastikan tanggalnya. Itu untuk 10 kabupaten lainnya. Ini masih gelombang pertama, untuk para Nakes. Kalau masyarakat umum, belum,” jelasnya. 

Ia juga mengungkapkan, beberapa hari lalu gelombang kedua vaksin Sinovac telah tiba di Palu dan telah masuk ke gudang penyimpanan farmasi. Jumlah dosis yang tiba sama dengan jumlah dosis pada pengiriman pertama lalu, sekitar 11.000 dosis.

Sedangkan saat ini, kata dia, telah dimulai proses koordinasi terkait pendistribusian vaksin tersebut ke 3 daerah yang telah ditetapkan pada termin 1.

Pilihan Redaksi :  Pelantikan Kepala Daerah Dua Rangkaian

“Sudah tiba yang kedua, sekitar 11.000 dosis juga. Disribusinya sudah mulai dikoordinasikan,” tandasnya. IEA 

Baca Juga