Vaksinasi Perdana Covid-19 di Kabupaten Donggala 63 Orang

  • Whatsapp
HLL

DONGGALA, MERCUSUAR – Hari pertama kegiatan vaksinasi Covid-19 Sinovac yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, juga berlangsung di Kabupaten Donggala, pada Kamis (14/1/2021). Vaksinasi Covid-19 Sinovac di Kabupaten Donggala tersebar di 10 puskesmas dan 1 rumah sakit, yaitu Sabang (Dampelas), Tambu (Balaesang), Tompe (Sirenja), Batusuya (Sindue Tobata), Toaya (Sindue), Labuan (Labuan), Wani (Tanantovea), Donggala (Banawa), Lembasada (Banawa Selatan), Lalundu (Rio Pakava) serta Rumah Sakit Pratama Tambu (Balaesang).

Berdasarkan pemantauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 oleh Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Kabupaten Donggala, diperoleh informasi bahwa secara umum kegiatan dapat berlangsung aman dengan jumlah yang divaksin sebanyak 63 orang.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Positif Covid-19 Bertambah Jadi 10.025 Kasus

Tim Satgas Covid Kabupaten Donggala melaksanakan pemantauan yang dipimpin Sekkab Donggala, Rustam Efendi, pada umumnya melihat langsung proses vaksinasi dari mulai persiapan, sampai berakhirnya kegiatan vaksinasi yang dilakukan kepada para tenaga medis.

Sekkab Donggala dan Asisten Pemerintahan, Moh. Yusuf Lamakampali melakukan pemantauan di Puskesmas Donggala, dengan hasil dari 11 orang yang terdaftar yang sempat dilakukan vaksinasi 7 orang.

Pemantauan di Puskesmas Sabang oleh Staf Ahli Bupati, Firdaus, dilaporkan sebanyak 20 orang yang berhasil divaksin dari 85 orang yang terdaftar dan di Puskesmas Labuan yang dipantau oleh Kasatpol PP, Dudi Utomo Adi, yang berhasil divaksinasi sebanyak 13 orang.

Jumlah yang cukup banyak juga terlaksana di Puskesmas Lalundu, yang dipantau oleh Kabag OPS Polres Donggala, AKP Inggid Krisdwianto dan Kapten Laut (T) Ketut A. Galung, yang melaporkan bahwa vaksinasi telah dilakukan kepada 8 orang.

Pilihan Redaksi :  Covid-19 di Sulteng Tembus 10.013 Kasus

Demikian pula vaksinasi di Puskesmas Wani, yang dipantau oleh Kadis Kominfo Donggala, Anhar berhasil divaksin 5 orang dan di Puskesmas Tambu yang dipantau oleh Staf Ahli Bupati, Lutfia Mangun dilaporkan sebanyak 4 orang. 

Pantauan vaksinasi di Puskesmas Batusuya oleh Kabag Tapem Setda Donggala, Rahmanur dilaporkan hanya dua 2 yang berhasil divaksin dari tiga orang yang terdaftar dan di RS Pratama Tambu berhasil divaksin 2 orang. 

Adapun vaksinasi di Puskesmas Toaya yang dipantau Kaban Kesbangpol, Tafip hanya berhasil dilakukan vaksinasi kepada 1 orang, dan di Puskesmas Tompe yang dipantau oleh Staf Ahli Bupati, Haidar juga hanya 1 orang yang berhasil divaksin.

Sementara pemantauan di Puskesmas Lembasada oleh Kepala BPBD Donggala, Akris Fattah dan Perwira Penghubung, Mayor INF. Amrullah melaporkan belum dilakukan vaksinasi disebabkan persoalan teknis. 

Pilihan Redaksi :  Positif Covid-19 Bertambah Jadi 10.025 Kasus

Sekkab Donggala, Rustam Efendi di sela pemantauan tersebut mengatakan, secara umum kegiatan vaksinasi di Kabupaten Donggala sudah berjalan dengan baik. Jika terdapat beberapa kendala di puskesmas yang menyebabkan kegiatan vaksinasi tidak sesuai yang direncanakan, hal itu  merupakan sesuatu yang wajar dan akan dilakukun lagi vaksinasi di hari berikutnya.

“Vaksinasi perdana ini sudah berjalan dengan sangat baik dan masih akan berlangsung beberapa hari lagi,” tutupnya. HID   

 

Baca Juga