Wabup Banggai dan TNI AL Luwuk Bersihkan Sampah di Laut

  • Whatsapp
FOTO WABUP BANGGAI & TNI AL

BANGGAI, MERCUSUAR – Komandaan Pos TNI Angkatan Laut (AL) Luwuk, Letda (P) Dwi Purwanto bersama Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Mustar Labolo mengelilingi sekitaran pelabuhan Kota Luwuk menggunakan speed boat untuk membersihkan sampah yang berserakan di laut, Jumat (26/2/2021).

Kegiatan itu turut melibatkan Polairud, KPLP, Basarnas dan Sakabahari binaan TNI AL Luwuk.

Berita Terkait

“Belum ada kesadaran warga untuk menjaga lingkungan laut agar bersih dan indah di pandang mata. Padahal kami dari TNI AL Luwuk setiap minggu sudah menyampaikan kepada warga di sekitaran laut agar jangan membuang sampah sembarangan,” kata Komandan Pol AL Luwuk, Dwi Purwanto disela kegiatan itu.

Para penumpang kapal laut di pelabuhan rakyat ini, sambungnya juga belum sadar dengan seenaknya membuang sampah dari dalam kapal ke laut.

“Kapal-kapal yang berlabuh juga dengan sembarangan saja membuang jangkarnya ke laut tanpa memperdulikan bahwa tempat jangkar yang dibuangnya merupakan lintasan laut yang bisa mengganggu orang saat melintas,” ujarnya.

Olehnya itu, ia mengimbau pada warga agar membuang sampah di tempat yang telah disediakan, agar kebersihan lingkungan terjaga. Selain itu, juga terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh sampah. “Bagi warga yang datang santai di pinggiran Pantai Lalong pada malam hari, jangan membuang sampah ke laut dengan sembarangan agar laut kita ini indah dan bersih,” imbaunya. PAR/*

Baca Juga