Wabup Sigi Paparkan RTRW di Jakarta

0 7

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Paulina bersama Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kabupaten Sigi, yang diketuai Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sigi, Muh Basir Lainga, melakukan pemaparan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), dalam rapat koordinasi (rakor) lintas sektor di The Tribrata Ballroom, Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2019). Pemaparan tersebut dilakukan, dalam rangka pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang RTRW Kabupaten Sigi 2019-2039.

“Pemaparan itu kami lakukan, menindaklanjuti hasil rapat TKPRD Sulteng bersama TKPRD Sigi di Palu, pada 30 Oktober lalu, terkait rekomendasi Gubernur Sulteng, untuk rencana revisi RTRW Kabupaten Sigi 2019-2039,” ungkap Paulina, Jumat (8/11/2019).

Lanjutnya, pasca terjadinya bencana gempa dan likuefaksi pada 28 September 2018 lalu, Pemkab Sigi melalui TKPRD dan tim konsultan dari Ikatan Ahli Perencana Indonesia, serta pendamping dari Kementerian ATR/BPN, melakukan revisi RTRW, di mana salah satu poin utamanya, adalah terkait penetapan daerah atau wilayah rawan bencana, yang sementara didasarkan pada peta zonasi yang dikeluarkan pemerintah pusat.

“Kami mengapresiasi seluruh tim yang telah bekerja. Diharapkan tahap selanjutnya dapat berjalan dengan baik. Hasil rakor itu dituangkan dalam berita acara, yang akan dijadikan sebagai bahan perbaikan untuk Raperda RTRW, yang rencananya akan diajukan dan dibahas di tahun 2020 mendatang,” tambahnya.

Diketahui, rakor itu dibuka oleh Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Abdul Kamarzuki. Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten (Dekab) Sigi, sebagai salah satu unsur yang akan bersama menentukan Raperda RTRW tersebut. BAH

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish