Walhi Fasilitasi Warga Kenali Mitigasi Bencana

0 26

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulteng, bekerjasama dengan Sulteg Bergerak, Yayasan Merah Putih (YMP) dan Forum Rogo Bangkit, melaksanakan pelatihan mitigasi bencana berbasis kearifan lokal, Rabu (20/3/2019), bertempat di areal pasar Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi. Pelatihan tersebut diikuti oleh ratusan warga Desa Rogo dan sejumlah desa lainnya di Kecamatan Dolo Selatan.

Kepala Desa Rogo, Fuad Udin menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan peningkatan kapasitas kepada warga Desa Rogo, agar dapat mengidentifikasi potensi-potens bencana di wilayahnya, serta jalur-jalur evakuasi yang aman. Dirinya nerharap, dari pelatihan ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya mitigasi bencana, terutama yang berbasis kearifan lokal, semakin kuat.

Hal senada juga diungkapkan Manajer Kampanye Walhi Sulteng, Stevandy. Menurutnya, pelatihan ini merupakan bentuk komitmen Walhi untuk memberikan pendampingan kepada warga Desa Rogo, terutama dalam hal peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam hal mitigasi bencana.

Dalam proses pelatihan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut, warga dipandu oleh fasilitator, menemukenali model pengelolaan lahan berbasis kearifan lokal di wilayahnya, seperti pangale (hutan kelola), talua (kebun), dan istilah-istilah lokal lainnya, yang dapat membantu warga mengenali potensi kebencanaan di wilayahnya, sehingga dapat merumuskan kembali tata kelola penggunaan lahan mereka dan dapat menemukenali potensi kerawanan bencana di wilayahnya. JEF       

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish