Wali Kota Bermohon Bantuan Drainase Huntap

  • Whatsapp
Drainase Huntap

TANAMODINDI, MERCUSUAR – Wali Kota Palu Hidayat, didampingi Kepala Dinas PU Kota Palu  Iskandar Arsyad menemui Direktur Penyehatan Lingkungan Perumahan Kementerian PUPR RI Prasetyo di ruang kerjanya, belum lama ini. Tujuan kunjungan itu untuk memohon bantuan pembuatan drainase di Kawasan Hunian Tetap (Huntap) Kelurahan Tondo. 

Hidayat mengatakan, bahwa drainase di Kawasan Huntap Tondo yang belum terkaver oleh APBD Kota Palu. “Drainase yang sudah teranggarkan 3/4 dari panjang drainase di kawasan Huntap sehingga masih ada 1/4 lagi panjang drainase yang membutuhkan anggaran pembangunannya,” ujar Hidayat kepada dihadapan Prasetyo.

Dia melanjutkan, percepatan pembangunan Drainase tersebut bersamaan dengan pemasangan jaringan listrik oleh PLN ke Rumah-rumah yang segera akan dihuni oleh 577 KK yang telah diundi oleh Pihak Buddha Tzu Chi dan BPBD Kota Palu.

Pertemuan tersebut akan dilanjutkan di Kota Palu sekaligus meninjau langsung Kawasan Huntap Tondo yang drainasenya akan dibangun.

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta proyek pembangunan hunian tetap (huntap), khususnya Duyu – Tondo segera diselesaikan. Sebab warga terdampak gempa dan tsunami pada September 2018 lalu sudah menunggu lama prosesnya.

“Ini kan sudah ditunggu masyarakat. Jadi saya minta ini segera diselesaikan,” kata Jokowi saat meninjau langsung huntap di dua lokasi tersebut, beberapa waktu lalu.

Diamengakui, pembangunan huntap itu sempat mengalami hambatan dikarenakan masalah pembebasan lahan. Namun masalah tersebut dipastikan sudah ditangani pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda).

Yayasan Buddha Tzu Chi menyediakan sebanyak 1.500 huntap di Kota Palu, tepatnya di kelurahan Tondo bagi para korban bencana gempa bumi, tsunami dan likuefaksi. ABS

 

Baca Juga