Wali Kota Resmikan Bantaya Siralangi

  • Whatsapp
Peresmian
PERESMIAN - Penandatanganan prasasti Bantaya Siralangi, Kelurahan Besusus Tengah oleh Wali Kota Palu, Hidayat, Senin (7/12/2020). FOTO: HUMAS PEMKOT

BESUSU TENGAH, MERCUSUAR – Wali Kota Palu, Hidayat menghadiri kegiatan penguatan/sinergitas Majelis Adat Kecamatan dan Lembaga Adat Kelurahan Besusu Tengah di Kecamatan Palu Timur, sekaligus peresmian Bantaya Siralangi Jalan Katamso, Senin (7/12/2020).

Dalam arahannya, Hidayat menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Majelis Adat Kecamatan Palu Timur yang telah menggagas kegiatan yang melibatkan lembaga adat di wilayah Palu Timur.

Berita Terkait

Menurutnya, penguatan/sinergisitas ini sangat bermanfaat bagi lembaga adat dan majelis adat dan ini merupakan kegiatan pertama setelah majelis adat Kecamatan se-Kota Palu serentak dilantik bersama beberapa waktu lalu.

Pilihan Redaksi :  Kasus Suap Mantan Bupati Balut- Tiga Penyuap Dituntut Penjara 30 Bulan

“Program-program yang kita laksanakan di Kota Palu dibutuhkan sinergitas antar lembaga termasuk lembaga adat dan majelis adat. Alhamdulillah saya kira lembaga adat dan Satgas K5 sudah bagus sinergitasnya,”ungkapnya.

Wali kota menyatakan latar belakang dibentuknya majelis adat dan lembaga adat tidak lain adalah sebagai salah satu upaya membangun kembali nilai-nilai kebangsaan kita yang terkesan sudah tidak terawat yakni nilai toleransi, kekeluargaan, dan kegotongroyongan.

“Kapan ketiga nilai ini hilang di tengah-tengah kita, konflik antar daerah akan terus terjadi. Sebagaimana kita ketahui, beberapa tahun lalu, hampir sering terjadi perkelahian antar kelurahan,” lanjutnya.

Selain itu, wali kota mengatakan adat yang dimaksud dalam hal ini bukanlah ritual, namun adat itu aturan yang mengatur tatanan kehidupan manusia dimana tiga aturan mengatur hubungan manusia dengan manusia dan satu aturan yang mengatur hubungan manusia dengan alam. ABS

Baca Juga