Warga Berobat Jangan Dimintakan Biaya

  • Whatsapp
SELURUH petugas puskesmas, dan bidan desa agar meberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Jangan sekali-kali meminta biaya berobat kepada warga khususnya pemegang kartu KIS JKN yang sudah ditanggung pemerintah daerah. FOTO: DOK/MS

BANGGAI, MERCUSUAR – Bupati Banggai H. Herwin Yatim secara tegas meminta kepada seluruh petugas puskesmas, dan bidan desa agar meberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Herwin menegaskan jangan sekali-kali meminta biaya berobat kepada warga khususnya pemegang kartu KIS JKN yang sudah ditanggung pemerintah daerah.

Bagi warga pemegang kartu BPJS KIS yang tetap dimintakan biaya saat berobat, segera melaporkan hal tersebut kepadanya. “Kalau ada warga yang masih dimintakan biaya berobat, laporkan saya,” tegas Herwin saat mengunjungi korban banjir di Toili dan Toili Barat, Kamis (5/7/2018).

Berita Terkait

Ia menjelaskan, telah menandatangani kerjasama antara pemerintah daerah bersama BPJS kesehatan terhitung Januari 2018, seluruh 98 warga ditanggung kepesertaannya dalam BPJS KIS.

“Kepada seluruh bidan dan petrugas puskesmas di seluruh wilayah jangan lagi ada minta bayaran kepada warga saat berobat. Karena biaya pengobatan mereka telah ditanggung pemerintah daerah,” terangnya.

Kalaupun ada diantara warga yang beum memegang kartu BPJS KIS tetapi telah didata oleh petugas, berhak mendapat pelayanan gratis.

“Sekalipun warga belum memegang kartu, tetapi datanya telah masuk. Tinggal menunggu proses pembuatan kartu. Bagi mereka jangan dimintakan biaya berobat. Saya tidak segan menindak petugas yang tidak mau mengikuti instruksi pimpinan. Apalagi pembiayaannya sudah ditanggung pemerintah daerah,” jelasnya.

Penegasan ini disampiakan Herwin karena masih menerima laporan warga yang tetap dimintakan biaya berobat oleh bidan maupun petugas puskesmas di berbagai wilayah.

“Saya akan kumpulkan seluruh kepala puskesmas menindaklanjuti banyaknya laporan warga yang masih diminta biaya berobat,” tandasnya. BR

 

Baca Juga