Warga Didorong Tanam Sayuran di Pekarangan

  • Whatsapp
FOTO SIBALAYA BARAT

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Desa (Pemdes) Sibalaya Barat, Kecamatan Tanambulava mendorong warganya agar dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayuran dan hortikultura.

Hal itu disampaikan Sekdes Sibalaya Barat, Isnandar, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya, hampir semua rumah warga di Sibalaya Barat memiliki areal yang luas. Namun masih sedikit yang memanfaatkannya dengan menanami sayuran dan hortikultura.

“Rata-rata lahan pekarangan rumah warga hanya dibiarkan kosong tanpa ada tanaman produktif yang diolah. Sehingga kami perangkat desa dan pendamping desa berinisiatif mendorong warga menanami sayuran dan hortikultura supaya lahan pekarangan yang kosong bisa memiliki nilai ekonomi,” ungkap Isnandar.

Untuk merealisasikan program itu, ia mengaku Pemdes Sibalaya Barat akan melakukan penyuluhan maupun pelatihan serta sosialisasi kepada warga. Dimana kegiatan itu diusulkan agar dapat dibiayai Dana Desa (DD).

Isnandar menyatakan menanam sayuran dan hortikultura bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan warga terkait lauk, sayur masak dan rempah  setiap harinya, melainlan juga dapat dijual hingga ke luar desa tersebut.

Pilihan Redaksi :  Tahun ini, 95 PNS Sigi Pensiun

“Sayuran dan hortikultura kan tidak lama proses panennya, jadi warga bisa juga menjual ke orang di luar desa atau dititip di kios-kios dan lain-lain. Jadi kami ingin inisiatif kami ini didukung juga oleh warga, terutama ibu-ibu,” tambahnya.

Ia berharap program ini dapat disambut baik oleh warga dan dilakukan secara konsisten, sehingg ke depan warga bisa memperoleh penghasilan baru dan kesejahteraannya bisa meningkat. BAH

 

Baca Juga