Warga Protes, Nama Marga Tidak Tertera di KTP-el

  • Whatsapp
Warga Protes

LOLU SELATAN, MERCUSUAR- Sejumlah warga yang mengurus dokumen pendudukan oleh layanan mobile Disdukcapil di Aula Kantor Kelurahan Lolu Selatan, tiba-tiba dikagetkan oleh seorang warga yang protes karena marganya tidak tercantum dalam KTP-el yang selesai diurusnya, Rabu (29/7/2020).

Lurah Lolu Selatan, Sahdi mengatakan, pengambilan dokumen kependudukan itu merupakn hari terakhir yang dilaksanakan di wilayah, sejak tiga hari yang lalu. Namun ditengah kepengurusan dokumen kependudukan itu ada seorang warga yang tiba-tiba protes karena marganya tidak ditulis, aksi protesnya itu tentu saja mengundang perhatian warga lainnya.

Namun beruntung, personel satgas Lolu Selatan yang mendampingi dan memediasi kesalapahaman tersebut, sehingga akhirnya warga tersebut bisa diredam. Sahdin mengatakan, begitu petugas meminta dan meneliti akta kelahiran dan ijazah yang bersangkutan, ternyata nama yang tertera di KTP semua sudah sesuai ijazah dan akte Kelahiran memang tidak memakai marga.

“Ibu ini protes mengapa tidak ada fam (marga) suaminya di KTP nya yang baru ia terima dari petugas Dukcapil,”ujar Sahdin.

Meskipun sudah dijelaskan bahwa dokumen ia memiliki sudah sesuai dengan akte lahir dan izasahnya dan tidak dapat diubah kecuali dokumen lainnya, sehingga yang bersangkutan terpaksa diarahkan petugas ke Kantor Dukcapil untuk mendapatkan penjelasan dari Kepala Disdukcapil. ABS

Baca Juga