Warga Sidondo Dukung Kebun Raya Sigi

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Warga wilayah Sidondo Raya yang terdiri dari empat desa, yakni Sidondo I, II, III dan Desa Sidondo IV, mendukung pembangunan Kebun Raya Sigi. Keberadaan Kebun Raya Sigi kedepan bisa menambah pendapatan masyarakat.

Demikian dikatakan Kepala Desa Sidondo III, Kecamatan Sigi Biromaru, Basrudin Mahu, Kamis (19/4/2018). Kata dia, apabila dibangun Kebun Raya Sigi, otomatis banyak pengunjung yang datang, dengan demikian ruang ekonomi terbuka dan pendapatan masyarakat bertambah.

Katanya, selain membuka ruang ekonomi baru bagi masyarakat, diharapkan ada ruang pendidikan di dalamnya, serta pariwisata. Oleh karena itu, masyarakat berharap dalam pembangunan Kebun Raya Sigi, pihak Pemerintah Kabupaten Sigi dan LIPI agar selalu berkoordinasi.

“Dengan harapan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, dalam mengelola Kebun Raya Sigi, LIPI bisa membimbing kami untuk meningkatan pengetahuan,” jelas Basrudin.

Hal senada diungkapkan masyarakat Sidondo, Udin. Dirinya mengapresiasi kepada Pemkab Sigi dan LIPI, terkait pembangunan Kebun Raya Sigi. Pihaknya berharap kebun raya ini agar dibangun secepatnya, dan semoga dalam pembangunannya nanti, dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala.

Menurutnya, awalnya tanaman yang ada di daerah ini hanya dua jenis, yakni Kelapa dan Kemiri. Sekarang bukan hanya dua tanaman yang ada di daerah ini, tapi sudah ada beberapa tanaman seperti hortikultura.

Camat Sigi Biromaru, Ruslan mengatakan, dari beberapa kali pertemuan antara masyarakat Desa Sidondo I, II, III dan Desa Sidondo IV, mereka selalu mengatakan mendukung dibangunnya kebun raya di wilayahnya.

Kami mengapresiasi kepada LIPI, mengingat baru dua minggu diusulkan untuk pembangunan kebun raya, sudah disahuti dan langsung datang melakukan peninjauan di lokasi.

Menurutnya, masyarakat Sidondo Raya sangat jeli karena mendukung kebun raya ini, mengingat dengan pembangunan kebun raya, akan merubah perekonomian masyarakat Sidondo Raya dan sekitarnya. AJI

 

Baca Juga