Wiwik : Kehadiran Media Memantau Kerja DPRD

0 85

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

 

 PALU-MERCUSUAR  Kehadiran media di DPRD memiliki peranan yang cukup besar, dalam memantau kinerja yang ada di DPRD. Bahkan memiliki andil dalam mengawasi beberapa proses, yang harus diketahui oleh publik secara luas.

Hal tersebut, diungkapkan oleh sekretaris pansus Tatib DPRD Sulteng, Wiwik Jomiatul Rofi’ah, usai mensahkan beberapa rancangan tata tertib, dalam sidang paripurna di DPRD, beberapa waktu yang lalu.

Yang menarik kata Wiwik, yang juga Ketua Fraksi PKS DPRD Sulteng, dalam rangka keterbukaan, maka

 dalam Tatib diatur khusus mengenai pola dan hubungan kerja, atau program kemitraan antara lembaga pers atau media dengan kalangan anggota DPRD.

“Kehadiran teman-teman media, sekaligus akan memantau kerja-kerja kita di DPRD Sulteng,”kata Wiwik ditemui usai paripurna penetapan Tatib.

Wiwik juga mengatakan, program kemitraan antara DPRD Sulteng dengan media, diatur khusus melalui Pasal 216. Dalam pasal tersebut, disebutkan bahwa untuk mempublikasikan lebíh luas informasi tentang kegiatan anggota DPRD, pihak sekretariat DPRÐ dapat melakukan kerjasama dengan berbagai media massa yang ada di Sulawesi Tengah.

“Program kerjasama kemitraan bersama media, sebagaimanía dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan bagi masyarakat atas segala aktifitas anggota DPRD balk di dalam atau di luar Kantor DPRD,”katanya lagi.

Kemitraan yang dilakukan, tidak hanya sebatas dalam urusan berita. Pekerja pers kata Wiwik, juga akan diundang untuk berdialog tentang sesuatu yang sangat penting dan mendasar, dengan metode yang telah dislapkan.

Dalam program kemitraan itu, pekerja jurnalis akan diberikan akses untuk melakukan tugas-tugas peliputan di lingkungan kantor DPRD Sulteng. Bahkan kata Wiwik lagi, para jurnalis akan disiapkan fasilitas yang representatif untuk menunjang kinerja-kinerja mereka.

“Untuk menunjang akiititas peliputan wartawan, Sekretariat DPRD akan menyiapkan ruangan media center di lingkungan kantor DPR, insya Allah juga akan disiapkan dengan fašiIitas komputer. jaringan internet gratis dan segala perlengkapan yang dapat membamu kegiatan jurnalistik,”demikian Wiwik.

Srikandi Pandu Keadilan itu juga berharap, ada hubungan postif dan emosional yang terbangun diantara insan media dan anggota DPRD, sehingga kedepannya sistim yang terbangun di gedung parlemen lebih baik lagi.

“Jika disini ada hal yang harus dipublish, mengapa kita takut dengan media. Hubungan yang baik, bukan hanya mengekspos yang baik-baik saja, tetapi sebuah kritikan yang bertujuan membangun, juga menjadi bagian dari sebuah hubungan yang baik,” kuncinya. */NDA

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish