Workshop Kebijakan Kesehatan Jiwa Digelar 

  • Whatsapp
Workshop Sigi

SIGI, MERCUSUAR – Sejenakhening.com, lembaga yang fokus dalam bidang kesehatan mental, didukung oleh Caritas Germany bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, khususnya Dinas Kesehatan, melaksanakan Workshop Kebijakan Kesehatan Jiwa, Kamis (17/9/2020). Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kamis (17/9/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan terhadap program kesehatan jiwa, terutama untuk masyarakat Sigi yang terdampak bencana 28 September 2018. Demikian dikatakan Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sigi, Roland Franklin, saat membuka workshop tersebut.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  KBR Brimob Disinfeksi Masjid Al Falah Sigi

Dijelaskannya, workshop ini merupakan bagian dari rangkaian program membangun ketahanan mental masyarakat di Sigi pascabencana gempa bumi dan likuifaksi, 2018 lalu. Lanjut Roland, kebijakan kesehatan jiwa dalam membangun ketahanan mental, yaitu bagaimana cara mengatasi pasien dengan gangguan pada kesehatan jiwa, di mana gangguan jiwa sangat beragam jenisnya, mulai dari yang ringan hingga akut, seperti skizofrenia.

Skizofrenia merupakan penyakit kronis, di mana penderita memiliki kesulitan memproses pikirannya, sehingga dapat berhalusinasi, delusi, pikiran yang tidak jelas dan tingkah laku atau bicara yang tidak wajar.

Menurut Roland, gejala ini dikenal sebagai gejala psikotik, yang menyebabkan penderita skizofrenia mengalami kesulitan berinteraksi dengan orang lain, bahkan menarik diri dari aktivitas sehari-hari dan dunia luar. Oleh sebab itu, perlu adanya peningkatan pengetahuan petugas terhadap kesehatan jiwa, sehingga timbul pemahaman yang sama  tentang program, serta teknis penatalaksanaan di lapangan.

Pilihan Redaksi :  Dokkes Polda Sulteng Rutin Cek Kesehatan Personel Ops Zebra

Sementara itu, Direktur Sejenakhening.com Erik mengatakan, pada workshop ini, kita akan membuat draf kesehatan mental, yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh Bupati Sigi ataupun masyarakat umum, tentang pentingnya kesehatan mental bagi masyarakat.

Program ini ada di empat desa, yakni Desa Sidera dan Soulove di Kecamatan Sigi Biromaru dan Desa Potoya dan Karawana di Kecamatan Dolo, serta dua puskesmas, yakni Puskesmas Sigi Biromaru dan Puskesmas Dolo. AJI

Baca Juga