Wujudkan Perhutanan Sosial Berbasis Partisipasi Masyarakat

0 106

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

LERE, MERCUSUAR – Institut Sikola Mombine melaksanakan penutupan kegiatan Internalisasi Buku Panduan Pengarusutamaan Gender dalam Skema Perhutanan Sosial, Jumat (29/6/2018), bertempat di Hotel Mercure Palu. Kegiatan internaliasi ini ditutup oleh Direktur Sikola Mombine, Risnawati.

Dalam sambutannya, Risnawati mengatakan, pada akhir tahun 2017, Institut Sikola Mombine telah melakukan Launching Buku Panduan Pengarusutamaan Gender dalam Skema Perhutanan Sosial, untuk mewujudkan perhutanan sosial yang berbasis partisipasi masyarakat dan berkeadilan gender. Maka itu, pihaknya ingin menginternalisasi buku panduan PUG dalam Skema Perhutanan Sosial kepada CSO, KPH dan beberapa OPD terkait yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam kegiatan Internalisasi PUG dalam Skema Perhutanan Sosial ini, beberapa CSO dan KPH bersama sama mendiskusikan terkait skema perhutanan sosial yang berada di desa dampingan mereka, dengan tujuan untuk meningkatkan isu gender dalam skema perhutanan sosial di Sulawesi Tengah.

Internalisasi PUG dalam skema perhutanan sosial, merupakan upaya untuk mendeterminasi kepentingan dan kebutuhan perempuan dalam perhutanan sosial. Proses kegiatan selama dua hari tersebut mencoba untuk menuangkan pengalaman pendampingan, baik oleh organisasi perangkat daerah, pokja perhutanan sosial dan lembaga CSO yang konsen dalam perhutanan sosial, dengan mengintegrasikan pengarus utamaan gender.

Rumusan yang telah disusun terkait hutan adat, hutan kemasyarakatan dan hutan desa, dengan melihat pada aspek kesetaraan dan afirmasi, menjadi langkah awal pendampingan perhutanan sosial. Sikola Mombine akan terus mengawal dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, untuk memaksimalkan pelaksanaan PUG dalam perhutanan sosial. JEF/*

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish