Perpustakaan di Touna Sosialisasikan ‘Kaca Bersinar’

  • Whatsapp
MARNI MANGUN

AMPANA, MERCUSUAR – Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Tojo Una Una (Touna) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memiliki ide dengan membuat satu inovasi yakni ‘Kaca Bersinar’ .

Kaca yang dimaksud bukanlah kaca sebagaimana pada umumnya. Tapi kaca bersinar ini merupakan singkatan dari Kafe Baca Beri Solusi Benar. “Dimana ketika masyarakat selalu berkaca maka muka kita akan bersinar.  Begitu pula dengan membaca, apabila selalu dilakukan sebagai suatu rutinitas akan membuat pembaca bersinar dengan bertambahnya ilmu pengetahuan,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Touna, Marni Mangun, Rabu (15/8/2018).

Berita Terkait

Menurut Marni, Undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan menegashakan eksistensi perpustakaan pada hakekatnya bertujuan mewujudkan tujuan pembangunan nasional dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Olehnya, perpustakaan mempunyai peranan yang sangat vital bagi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, karena jantungnya pendidikan.

“Nongkrong di kafe yang menyediakan makanan dan minuman memang asik tetapi kadang suasana ramai membuat pengunjung banyak mengantri. Olehnya untuk menunggu antrian disediakan tempat untuk perpustakaan dan dapat dimanfaatkan pengunjung membaca buku,” terangnya.

Ia mengatakan, sebagaimana kata pepatah ‘Buku Adala Jendela Dunia, Baca Buku Baca Dunia’ dan untuk membuka jendela itu adalah dengan membaca. “Dengan membaca pengetahuan bertambah artinya SDM jadi berkualitas sejalan dengan misi pemerintah daerah saat ini yakni peningkatan SDM,” tuturnya

Menurut Marni Mangun, salah satu cara dalam program kaca bersinar ini, pihaknya bekerjasama dengan pemilik kafe, karena fenomena saat ini banyak generasi muda lebih senang berkunjung ke kafe. Dengan adanya perpustakaan di kafe diharapkan pengunjung memanfaatkannya. “Disamping itu pula saya berharap pemilik kafe ikut berperan aktif dalam mendukung minat baca masyarakat,” harapnya.

Ide Kaca Bersinar tambah dia, sudah disosialisasikan di seluruh kafe dan rumah makan di Ampana Sosialisasi sendiri mendapatkan respon positif dari pemilik kafe dan rumah makan bahkan oleh beberapa pemilik hotel dan cottage.

Ia meminta kepada seluruh pihak agar membantu ide Kaca Bersinar ini dengan ikut menyosialisasikan pada lingkungan masing-masing. “Tanggungjawab peningkatan minat baca bukan hanya ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tetapi tugas kita bersama .Ayo baca buku, ayo ke perpustakaan,” tandasnya. DEL

Baca Juga