Di Banggai, Jatah Pupuk Subsidi Tidak Adil

  • Whatsapp
PEMBAGIAN pupuk bersubsidi di Banggai masih dirasakan kurang adil karena mendapatkan porsi yang terbilang kecil, sementara lahan pertanian begitu luas. FOTO: DOK/MS

BANGGAI, MERCUSUAR – Bupati Banggai, Herwin Yatim mengkritisi pembagian pupuk bersubsidi yang masih dirasakan kurang adil. Dirasakan kurang adil, karena Kabupaten Banggai mendapatkan porsi pupuk subsidi yang masih terbilang kecil. Sementara lahan pertanian begitu luas.

“Pemerintah provinsi maupun kementerian perlu menyiapkan opsi-opsi untuk merubah pola pemberian subsidi pupuk. Jangan disamaratakan antara daerah yang surplus pertanian dengan daerah yang tidak semangat mengembangkan sektor pertanian,” kata Bupati Herwin pada kegiatan Workshop Penggunaan Kartu Petani Sejatera di Aula Kantor Dinas TPHP, Jumat (25/5/2018).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Malabot Tumbe, Bupati Balut: Masyarakat Banggai, Bangkep dan Banggai Laut Bersaudara

Menurut Herwin, pemerintah provinsi maupun kementerian pertanian perlu melihat mana daerah yang semangat dalam menjalankan program sektor pertanian dan mana pula daerah atau kabupaten yang tidak punya komitmen mengembangkan sektor pertanian. “Daerah kami salah satu lumbung padi nasional, sekaligus penyumbang investasi terbesar di sektor perkebunan dan pertanian di Sulteng. Mestinya daerah kami harus prioritas dalam pembagian pupuk. Jangan semua daerah jatahnya sama. Ini tidak adil,” katanya.

Karenanya, Herwin berharap pemerintah provinsi dan Kementyrian Pertanian agar benar-benar melihat daerah mana yang punya potensi dan komitmen mendukung program pemerintah dan kesejahteraan rakyat di sektor pertanian. Olehnya itu, harus diutamakan khususnya dalam pembagian pupuk bersubsidi. BR

Baca Juga