Jakarta – BRI terus menghadirkan inovasi dan terobosan untukmemudahkan nasabah dalam bertransaksi selama masa pandemi. Didukung dengan perkembangan teknologi digital, nasabah dimudahkan untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa terbatasruang dan waktu, termasuk melakukan transaksi perbankan.
Sepanjang tahun 2021 jumlah transaksi digital melalui e-channel Bank BRI menembus 5,7 Milyar transaksi. Sedangkan dari sisivolume Bank BRI mampu mencatatkan 4.617 triliun Rupiah meningkat 57% dibandingkan periode yang sama ditahun 2020, bahkan jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi, terjadipeningkatan sebesar 68% (YoY Juni 2019 – Juni 2021). Salah satu e-channel unggulan BRI yaitu BRImo menyumbang 25% atau sebesar 1.165 Trilyun Rupiah dan hal ini dibuktikan dengantrend yang terus meningkat setiap tahunnya sebesar 169% (YoYJuni 2019 – Juni 2021) dan 94% (YoY Juni 2020 – Juni 2021).
Pencapaian tersebut didukung dengan terus dilakukannya inovasidalam aplikasi BRImo. Untuk semakin mendorong transaksi, BRImo terus menghadirkan fitur-fitur unggulan dimulai daripembukaan rekening secara digital, transaksi pembayaran, pembelian, sampai dengan transaksi non finansial sepertipencatatan keuangan pribadi, dan masih banyak fitur unggulanlainnya.
Berbekal smartphone, lewat aplikasi BRImo nasabah bisa membuka rekening secara online. Hal ini sesuai tujuan dirilisnya aplikasi mobile banking dari BRI tersebut yaitu untukmemberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukanberbagai transaksi perbankan di mana pun dan kapan pun.
Direktur Konsumer BRI Handayani menjelaskan bahwamasyarakat yang biasanya harus ke kantor bank untuk dapatmelakukan pembukaan rekening, kini semakin dimudahkan olehBRI dengan adanya fitur pembukaan rekening digital secaraonline. “Nasabah dapat menikmati fitur tersebut kapan pun, tanpaharus ke kantor, tanpa perlu mengisi setumpuk dokumen, dantanpa memerlukan tanda tangan basah,” tambahnya.
Caranya sangat mudah, unduh aplikasi BRImo, siapkan KTP danNPWP, dan isi data diri. Nasabah dapat memilih jenis rekeningdan lokasi kantor cabang BRI terdekat dari domisili. Setelahnya, nasabah melakukan video recording untuk memenuhi tahapverifikasi. Rekening baru dapat diaktifkan dengan melakukansetoran awal. Terakhir, nasabah membuat akun BRImo agar dapatmengunakan segala fasilitas perbankan BRI secara finansial.
BRI mengungkapkan kehadiran fitur tersebut sejalan denganpeningkatan jumlah pengguna BRImo sebesar 107% (YoY Juni2020 – Juni 2021) mencapai posisi 11,1 juta pengguna. “Hal inimenandakan bahwa fitur dan layanan perbankan dari BRImomemudahkan nasabah untuk dapat memenuhi kebutuhan transaksikeuangan mereka, meskipun saat ini terdapat keterbatasan ruangdan gerak dengan adanya penerapan kebijakan PPKM,” jelasHandayani.
Nasabah dari segala usia kini semakin familiar denganmenggunakan BRImo yang merupakan layanan internet banking berbasis aplikasi milik BRI. Oleh karenanya BRI berkomitmenuntuk terus memperkaya fitur-fitur BRImo kedepannya agar senantiasa memenuhi kebutuhan transaksi nasabah denganmemberikan berbagai kemudahan, sehingga transaksi dapatdilakukan dengan praktis dari mana pun dan kapan pun melaluigenggaman.