29 Kampus Hadir di Edu Fair Palu 2022

  • Whatsapp
edu fair-efcc88ae
Panitia Edu Fair 2022 memberikan penjelasan kepada wartawan di Sekber Jurnalis, Selasa (11/1) malam. Foto: Tasman Banto

PALU, MERCUSUAR – Edu Fair kembali digelar di Jodjokodi Convention Center (JCC) Palu mulai 14-16 Januari 2022. Di acara ini akan diperkenalkan sebanyak 29 kampus yang tersebar di penjuru Indonesia, terutama kepada para siswa yang duduk di kelas tiga sekolah lanjutan tingkat atas.

Moh. Syahbani Syamsu didampingi beberapa panitia lainnya, Selasa (11/1) malam menjelaskan, lewat kegiatan ini para siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi akan mendapatkan informasi lengkap tentang perguruan tinggi yang akan diplihnya nanti.

Berita Terkait

“Ada 29 perguruan tinggi yang akan mengisi acara di Edu Fair 2022. Masing-masing perguruan tinggi itu akan dijelaskan mahasiswanya yang kebetulan berasal dari Sulawesi Tengah. Mulai jurusan, biaya kuliah, malahan sampai biaya pemondokan,” kata Syahbani.

Menurutnya, Edu fair tahun ini dilaksanakan dengan sejumlah rangkaian kegiatan untuk menginformasikan keunggulan kampus masing-masing kepada calon mahasiswa yang saat ini masih di bangku Sekolah Menengah Umum (SMU).

Menurutnya, melalui edu fair dengan beragam rangakaian acara, siswa-siswi SMU di Sulteng bisa mendapat berbagai info mengenai kampus yang mereka inginkan nantinya.

Pihaknya dalam Edu fair kali ini akan melaksanakan sejumlah kegiatan. Mulai dari road show ke sekolah-sekolah SMU di Sulteng.

Dalam acara ini panitia menggelar sosialisasi dan memberi informasi sekaitan jalur masuk PT, tata cara ujian masuk PT. Serta memberikan tips dan trik bagaimana mengerjakan soal-soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Termasuk konsultasi kira-kira jurusan apa yang tepat bagi mereka,” jelasnya.

Ada juga acara edu talk show. Dalam acara ini panitia mengundang pembicara inspiratif sebagai pembicara untuk memotivasi dan memberi semangat bagi siswa.

Selanjutnya ada kegiatan try out untuk memberi gambaran awal kepada peserta sekaitan soal dalam UTBK PTN.

“Karena kita tau, soal UTBK ini punya tingkat kesulitan berbeda dari masing-masing kampus,”paparnya.

Berikutnya juga dirangkai kegiatan edu mentor. Andi Tiara menerangakn, dalam acara ini panitia menghadirkan para mentor dari berbagai kampus dan jurusan serta latar belakang pendidikan berbeda untuk berkonsultasi tentang kecocokan peserta dengan kampus yang mereka pilih nanti.

Karena sesuai pengalaman, kerap kali calon mahasiswa hanya asal ikut-ikutan dalam memilih kampus.

Dia menambahkan, tujaun utama Edu Fair untuk mewujudkan keselarasan edukasi sekaligus memberi semangat dan motivasi bagi siswa-siswi di Sulteng. Itulah visi kami,” tambahnya.MAN

 

Baca Juga