Bupati Yasin Dorong Kades Gali Potensi Ekonomi Desa

  • Whatsapp
Bupati Donggala, Moh Yasin saat memberikan arahan kepada para Kades yang ikut dalam Bimtek Penguatan Peran Lembaga Desa dalam Penetapan dan Penegasan Batas Desa, Rabu (5/12/2023) di salah satu hotel di Kota Palu. FOTO : RESTI ANANDA

PALU, MERCUSUAR – Bupati Donggala, Moh Yasin, dorong para Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Donggala untuk lebih jeli melihat dan mengelola potensi ekonomi desa. Hal itu disampaikan Yasin, sapaan akrabnya pada kegiatan Bimbingan Teknis Kelembagaan Desa terkait Penguatan Peran Lembaga Desa dalam Menetapkan dan Penegasan Batas Desa di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (5/12/2023).

Yasin menjelaskan, mendorong pertumbuhan ekonomi bukan hanya tugas Pemerintah Daerah ditingkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab), peran kelembangaan desa sangat dibutuhkan untuk bisa menghidupkan potensi ekonomi di masing-masing desa. 

“Seperti ikan yang ditangkap di lautan Donggala, itu tidak diolah oleh masyarakat kita tapi langsung diperjual belilan ke daerah Kalimantan,” ujarnya.

Lanjutnya, Yasin juga menyayangkan, Kabupaten Donggala yang memiliki lautan luas namun tidak ada satu pun daerah yang mengelola menghasil garam, padahal kebutuhan garam cukup besar jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Kabupaten Donggala.

“Selama ini kita hanya beli garam dari petani garam di Palu, padahal luas pantai kita sangat luas,” jelasnya.

Bupati berharap, kedepan para kades bisa memanfaatkan segala potensi di desa masing-masing untuk mampu membangkitkan ekonomi masyarakat. Membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mengelola potensi tersebut dengan baik.

“Bagaimana kita mampu untuk mengembangkan SDM yang ada, menjadikan potensi sebagai upaya untuk mendorong masyarakat ikut membangun daerah,” jelasnya. RES

Baca Juga