Cerita Danau Lindu Diangkat di Indonesia Bertutur 2022

  • Whatsapp

YOGYAKARTA, MERCUSUAR – Cerita tentang Danau Lindu yang terletak di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah menjadi inspirasi dari kelompok seniman video mapping, Furyco Studio pada gelaran Indonesia Bertutur 2022 di kawasan percandian Borobudur pada 7-11 September 2022.

Danau kedua terbesar di Sulawesi Tengah ini memiliki luas sekitar 3.488 hektar yang terbentuk sekitar 3.000 tahun silam, yaitu pada era Pliosen. Danau Lindu ini tergolong danau tektonik karena terbentuk dari proses geologis.

Berita Terkait

Danau yang dikelilingi tiga gunung ini memiliki cerita legenda menurut versi masyarakat di sana. Legenda tersebut bermula dari kisah cinta yang berakhir dengan sebuah pertarungan antara seekor lindu (belut) dengan anjing. Pertarungan dahsyat tersebut konon berlangsung selama tujuh hari tujuh malam dan berakhir dengan terbentuknya Danau Lindu.

Pilihan Redaksi :  Pilrek Untad Sisakan Tiga Nama Perebutkan Suara Mendikbudristek

“Ketika riset dari 20 cagar budaya, kami tertarik dengan cerita terbentuknya Danau Lindu yang masuk dalam kawasan cagar budaya Lore Lindu. Dongeng tentang Danau Lindu ini menurut kami cocok untuk diangkat dalam Indonesia Bertutur. Maka kami buatlah cerita Danau Lindu ini dalam bentuk video mapping yang dilengkapi narasi,” ujar Machda, Furyco Studio.

Video mapping yang dibuat oleh Furyco Studio tersebut diproyeksikan pada Candi Borobudur. Ribuan penonton yang hadir pada festival Indonesia Bertutur 2022 menyaksikan video mapping tersebut dengan penuh takjub. Liuk belut dan anjing dalam pertarungan tersebut tergambar nyata pada Candi Borobudur.

“Peninggalan-peninggalan arkeologi yang ada di Indonesia merupakan tanda peradaban. Seperti, di kawasan Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah, tersebar situs-situs megalitikum tertua di Indonesia dan telah menjadi warisan budaya dunia. Kita harus bisa memanfaatkan keberadaan cagar budaya tersebut sebagai modal bagi generasi muda menghadapi situasi saat ini,” ujar Hilmar Farid, Dirjen Kebudayaan dalam siaran pers yang diterbitkan Kemendikbud Ristek pada Agustus kemarin.

Pilihan Redaksi :  Yahdi DPO, Longki Sentil Ahmad Ali

Furyco Studio yang berbasis di Bandung bergerak di bidang seni media baru. Karya-karya Furyco Studio sudah ditampilkan dalam beberapa festival di dalam dan luar negeri, seperti pada upacara penutupan PON XX 2021 di Papua, Illuminarium Light Festival 2021 di Zurich, Circle of Light 2019 di Mosco, FILE Festival 2019 di Sao Paulo, Festival of Lights 2017 di Berlin, dan MADATAC Festival 2019 di Madrid.

Danau Lindu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah akan menjadi lokasi Festival Lestari 2023 yang diadakan oleh asosiasi pemerintah kabupaten LTKL (Lingkar Temu Kabupaten Lestari). Festival tersebut diadakan untuk mempromosikan kembali potensi-potensi Kabupaten Sigi, mulai dari sektor pariwisata, keanekaragaman hayati, hasil pertanian dan perkebunan, budaya dan kearifan lokal di sana.

Pilihan Redaksi :  Yahdi DPO, Longki Sentil Ahmad Ali

“Saya menyampaikan rasa senang dan bangga atas usaha dan kerja keras pemerintah Daerah Kabupaten Sigi yang telah berupaya semaksimal mungkin sehingga pelaksanaan Festival Lestari akan dilaksanakan di Kabupaten Sigi pada tahun 2023. Harapannya agar momentum Festival Lestari kali ini dapat menjadi batu loncatan dalam memperkenalkan destinasi wisata di Kabupaten Sigi. Sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat mengetahui bahwa di Kabupaten Sigi terdapat lokasi wisata alam dan budaya yang masih kental dengan nilai-nilai adat istiadat masyarakat lokal,” ujar Mohamad Irwan, Bupati Sigi pada kick off Festival Lestari 2023.*/TIN

Baca Juga