UPT Pusbang Bahasa UIN Datokarama Gelar Pemilihan Duta Bahasa

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – UPT Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu melaksanakan Pemilihan Duta Bahasa UIN Datokarama Palu, Rabu (23/11/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Senat UIN Datokarama Palu. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Moh. Idhan, S.Ag., M.Pd.

Dalam sambutannya, Dr. Moh. Idhan menekankan, penguasaan bahasa menjadi hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Kata dia, penguasaan bahasa membuka gerbang ilmu pengetahuan.

“Duta Bahasa dipandang sebagai pribadi yang cerdas, dinamis, dan yang terpenting adalah mencintai bahasa negara. Mahasiswa sebagai duta bahasa bisa menjadi contoh atau model dalam penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan proporsional, serta mampu menguasai salah satu bahasa asing dan bahasa daerah,” ujarnya.

Ketua Panitia, Prisna Aswarita Putri, S.Pd., M.Hum menjelaskan, pemilihan Duta Bahasa UIN Datokarama Palu bertujuan meningkatkan peran generasi muda dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, daerah, dan asing sesuai dengan ranah penggunaan masing-masing guna memperkuat jati diri dan daya saing bangsa.

UPT Pusat Pengembangan Bahasa UIN Datokarama Palu berinisiatif melaksanakan kegiatan Pemilihan Duta Bahasa sebagai apresiasi pada pemuda, yaitu mahasiswa UIN Datokarama Palu dalam mengembangkan skill kebahasaannya.

Peserta Pemilihan Duta Bahasa merupakan delegasi dari 13 program studi yang tersebar di 4 fakultas yang ada di UIN Datokarama Palu, yaitu dari Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah.

Adapun dewan juri pemilihan Duta Bahasa UIN Datokarama Palu, terdiri dari Mukrim, M.Ed.,Ph.D, Siti Rahma, S.S., M.Pd, Trias Marianto Limbas, M.Pd, serta Nadya Yakub. Adapun juara 1 diraih Yuyun Andriani dari Jurusan Hukum Keluarga, juara 2 diraih Tina dari Jurusan Bimbingan Konseling Islam, juara 3. diraih Moh. Fajar Akbar dari Jurusan Tadris Bahasa Inggris.

Kemudian, harapan 1 diraih Ahmad Rizki Zam Zam dari jurusan Ilmu Alqur’an dan Tafsir, harapan 2 diraih Hardiansyah dari Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, serta harapan 3 diraih Riska Aulia Putri dari Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. JEF

Baca Juga