PALU, MERCUSUAR – Setelah sukses dengan perhelatan Karya Kreatif Indonesia seri 1 yang diselenggarakan pada 28-30 Agustus 2020, Bank Indonesia kembali menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia seri 2 yang akan dilaksanakan pada 7-9 Oktober 2020. Karya Kreatif Indonesia seri 2 yang mengambil tema “Sinergi untuk UMKM Digital Guna Mendorong Umkm Sebagai Kekuatan Ekonomi Baru Perekonomian Nasional Di Era Digital”dilaksanakanmeliputi expo virtual, edukasi onboardingUMKM, fasilitasi Business Matching, Business Coacing, Fashion Show dan Workshop pengembangan produk dan pelaku usaha UMKM.
Karya Kreatif Indonesia secara resmi dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia Bapak Perry Warjiyo bersama Ibu Hj. Wury Estu Handayani selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional secara virtual pada 7 Oktober 2020. Dalam pembukaan tersebut sekaligus dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bank Indonesia dengan Dekranasda dalam pengembangan kerajinan dan UMKM sebagai salah satu sumber perekonomian Indonesia.
Karya Kreatif Indonesia adalah wadah sinergi dalam pengembangan program peningkatan kapasitas, perluasan akses pasar, dan pembiayaan. KKI Virtual 2020 tidak hanya sebagai media showcasing produk UMKM. Sebanyak 377 UMKM yang ikut serta dalam gelaran KKI virtual ini, terdiri dari 127 UMKM kain tradisional dan pakaian jadi, 74 UMKM kerajinan, 132 UMKM kuliner olahan, dan 44 UMKM kopi. UMKM yang ditampilkan telah lolos kurasi dan merupakan hasil dari sinergi Bank Indonesia dengan berbagai pihak, termasuk DEKRANAS dan DEKRANASDA. Pelaksanaan Karya Kreatif Indonesia seri 2 dilaksanakan secara virtual danmaupun showcasesecara langsung di 18 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia termasuk Provinsi Sulawesi Tengah.
Untuk wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) showcaseKarya Kreatif Indonesia akan dilaksanakan pada 7-11 Oktober 2020 dan dipusatkan di Pusat Perbelanjaan Palu Grand Mall, Transmart Palu dan Alfamidi di Jalan Towua Palu. Pameran akan menampilkan produk kerajinan, kain tenun maupun produk makanan olahan berkualitas yang berasal dari UMKM binaan terpilih Bank Indonesia Sulawesi Tengah. Masyarakat dapat mengunjungi pameran Karya Kreatif Indonesia produk UMKM Sulawesi Tengah di 3 (tiga) lokasi tersebut atau melalui website virtual https://karyakreatifindonesia.co.id. Displayproduk ini dilakukan dengan memfokuskan pada satu boothmultiproduk dengan menekankan protokol kesehatan.
“Harapan kami melalui pelaksanaan showcase ini produk UMKM khas Sulawesi Tengah pilihan Karya Kreatif Indonesia dapat lebih dikenal oleh masyarakat Sulawesi Tengah dan juga wilayah di sekitar Sulawesi Tengah,” ujar Kepala Perwakilan BI Sulteng, Abdul Majid Ikram.RES
////////////////
Ketfot:
Petugas hotel saat melayani reservasi dari tamu hotel. Foto: antara
Okupansi Kamar Hotel di Palu Meningkat
PALU, MERCUSUAR – Tingkat pengisian kamar hotel bintang di Palu selama Agustus 2020 tercatat 41,35 persen atau mengalami peningkatan dibanding periode yang sama tahun lalu yang tercatat 7,34 persen.
Tingkat Penghunian Kamar (TPK) merupakan perbandingan antara malam kamar terjual dengan malam kamar tersedia selama periode waktu tertentu. TPK hotel bintang selama Agustus 2020 sebesar 41,35 persen atau naik sebesar 7,34 persen poin dibandingkan Juli 2020 yang sebesar 34,01 persen. Dibandingkan periode yang sama tahun 2019, TPK hotel bintang mengalami penurunan sebesar 9,97 persen poin menjadi 32,21 persen selama Januari-Agustus 2020.
Kepala BPS Kota Palu, G.A Nasser saat dihubungi, Selasa (6/10/2020) mengungkapkan Tingkat Penghunian Tempat Tidur (TPTT) hotel bintang sebesar 42,22 persen, naik 5,55 persen poin dibandingkan Juli 2020 yang sebesar 36,67 persen. HAI