Dorong Minat Industri Kreatif, BRI Dukung Jakarta Content Week: Road to Sarinah

CC5E8609-879E-42D8-974B-C02641755B05-237ecb6b

JAKARTA, MERCUSUAR – Industri kreatif terus bertumbuh sekalipun dalamsituasi sulit sejak pandemi Covid-19 masuk pada awal 2020 lalu. Industri kreatif juga menjadi salah satu penopangpertumbuhan ekonomi nasional. Berdasarkan data jumlahtransaksi mitra merchant di BRI yang sebagian merupakanpelaku industri kreatif, telah terjadi peningkatan sebesar 25% secara year on year pada bulan September (2020-2021).

Pada Konferensi Pers Jakarta Content Week 2021 (27/10), Direktur Konsumer BRI Handayani mengungkapkan bahwa BRI menargetkan jumlah transaksi mitra merchant pada tahun2022 mendatang untuk tumbuh dua kali dari pencapaiansebelumnya. Pertumbuhan ini akan memberikan daya dukungterhadap pertumbuhan bisnis ritel BRI kedepan.

Handayani menambahkan bahwa BRI merasa perlumenggarap potensi yang ada dari industri kreatif di Indonesia.Dengan hadirnya BRI sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia untuk mendukung pertumbuhan kinerja pelakuIndustri Kreatif. BRI telah melakukan berbagai macamkegiatan dalam rangka mendukung industri kreatif di Indonesia seperti program Bangga Buatan Indonesia danNusantara Fashion Festival (NUFF), Lokal Keren Jatim, dan Brilianpreneur. event-event tersebut merupakan kolaborasidengan mitra merchant untuk membantu memasarkan dan mengembangkan bisnis pelaku industri kreatif, dan banyak hallainnya yang merupakan bentuk dukungan BRI terhadappelaku industri kreatif di Indonesia”, tambahnya.

Selain itu, BRI juga mendukung para mitra merchant kami untuk Go Digital dan berkomitmen penuh untuk terusmendukung program pemerintah melalui Transformasi Digital Merchant Binaan BRI dalam program “BRI Shop Master Class”. Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi mitramerchant yang berpartisipasi, seperti mendapatkan materiedukasi, fasilitas coaching, serta free onboarding dan monitoring pada platform digital”, katanya.

BRI juga berkolaborasi dengan Sarinah untuk ikut sertamendukung event Jakarta Content Week (Jaktent) yang diharapkan dapat membangkitkan gairah masyarakatIndonesia khususnya dunia kreatif Indonesia. Jaktent akanmenjadi wadah untuk melakukan business matching bagipelaku industri kreatif dan juga mitra merchant BRI yang menghasilkan transaksi, interaksi dengan pasar internasional. Selain itu, bermanfaat pula sebagai sarana transfer knowledgebagi pelaku industri kreatif dan mitra merchant BRI untukmenembus pasar ekspor. Tentunya terdapat previlege khususbagi nasabah BRI yang mengikuti dan bertransaksi online maupun offline pada event Jaktent seperti special price ticket, program promo, dan privilege lainnya.

Oleh sebab itu, kami berharap agar kolaborasi BRI dengan Sarinah dalam event Jaktent ini dapat memberikan nilaitambah pada seluruh mitra merchant dan pelaku usaha untukmendapatkan wawasan baru dan dapat membantu merekauntuk mengembangkan bisnisnya terutama dalam industrikreatif, sehingga mereka tidak hanya menjual barangnya di level nasional namun juga dapat mengembangkan pasarnyahingga ke internasional.RES/*

Pos terkait