Ekosistem Ultra Mikro Akselerasi Inklusi Keuangan, Per Hari rata-rata 50 Orang Buka Tabungan Emas di Kantor BRI

  • Whatsapp
1CAE8BD5-351F-4CD1-A2D6-7547F5D354FA-d286c5b4

JAKARTA, MERCUSUAR Holding Ekosistem Ultra Mikro yang resmiterbentukpada 13 September 2021 laluantara BRI, Pegadaian, dan PNM mulaimemberikandampaknyata di tengahmasyarakat. Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Hartomengungkapkanbahwaperseroantelahmenerapkan strategi post integration yang berfokuspada integrasijaringankantor dan produk.

Dari sisi integrasijaringankantor, tahun inidirencanakanakanterdapat 100co-location SENYUM (Sentra Layanan Ultra Mikro) di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk memberikan kemanfaatandan layanan yang lebih mudah kepada masyarakat.

Lohdulu BRI koksekarang SENYUM, lah itu memang membuat senyum, tujuannya membuat senyumseluruhmasyarakatpelakuultra mikro. Di sini adalah sentralayanan ultra mikro. Layanan yang terpadu, di situ adalayanan BRI, layananPegadaian dan layananPNM. Mau gadai, maunabungemas, maungajuin kredit ultra mikro ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok, maumengajukan KUR? Yabisa di dalam satutempat,” urainya.

Selain itu, BRI juga telah mengembangkanAplikasiUMi Corner, yang memungkinkanBRI, Pegadaian, dan PNM salingmereferensikandari para pekerjatigaentitas sehingga dampaknyapositif.Saat ini per hari tercatat rata-rata 50 orang sudahmembukatabunganemas, atau pun melakukan gadai, atau cicilemas juga di co-location SENYUM ini. Hal ini tentunya merupakan buktinyataawal dari upaya percepataninklusi keuangan yang sekarang 76% menjadi 90% di tahun 2025,” jelasCatur.

“Integrasi dari3 entitasBRI, Pegadaian dan PNM akan memberikan integrasioutlet yang akanlebih dapatdijangkau oleh masyarakatperilakuUltra Mikro. Yang kedua adalah dari sisi produk. Dengan sinergi ini tentunya merekaakanmendapat produk yang lebih variatif. Yang berikutnya adalah bagaimana untuk para pelaku ultra mikro dengan adanya sinergi ini adalah merekaakan tercatat begitumasuk ke dalam ekosistem, maka usahadiaakanterpantau sehinggapeluang agar mereka naik kelasakan menjadi lebih besarkarenaproses pemberdayaan yang berkelanjutan,pungkasnya.RES/*

Baca Juga