Indosat Catat Lonjakan Trafik Data 21 Persen Selama Idul fitri 1446 H

MERCUSUAR -Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan lonjakan trafik data sebesar 21% selama periode Idulfitri 1446 H, dibandingkan dengan hari-hari biasa. Peningkatan ini dipicu oleh tingginya penggunaan aplikasi digital oleh pelanggan sepanjang Ramadan dan Idulfitri. Lima aplikasi yang mencatatkan lonjakan aktivitas digital tertinggi adalah WhatsApp, TikTok, Facebook, YouTube, dan Instagram.

Puncak kenaikan trafik data terjadi pada 4 April 2025, saat arus balik Lebaran, yang menunjukkan tingginya kebutuhan digital pelanggan. Untuk mengantisipasi kebutuhan tersebut, Indosat memastikan kesiapan jaringan yang andal dan merata di seluruh Indonesia.

Beberapa kota dengan peningkatan trafik data tertinggi di berbagai wilayah Indonesia meliputi Kota Bumi, Padang, Siantar, dan Tebing Tinggi di Sumatra, serta Bogor, Pandeglang, dan Sukabumi di Jakarta Raya. Di wilayah Jawa, Garut, Kebumen, dan Madiun mencatatkan kenaikan tertinggi, sementara di Bali dan Nusa Tenggara, Flores Timur, Sumbawa, dan Lombok menjadi daerah dengan lonjakan trafik data paling tinggi. Di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, Singkawang, Bone, Gowa, dan Palu mencatatkan angka serupa.

Indosat memastikan kualitas jaringannya tetap optimal di tengah lonjakan kebutuhan komunikasi digital, baik di kota besar maupun daerah tujuan mudik. Perusahaan ini juga mengoptimalkan jaringan di area dengan potensi kepadatan tinggi, seperti stasiun, terminal, rest area, hingga destinasi wisata populer, guna menjaga kestabilan konektivitas.

Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Kami percaya bahwa teknologi yang mutakhir harus diiringi oleh sentuhan tangan manusia. Layanan yang kami hadirkan selama periode Hari Raya Idulfitri ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed, serta dedikasi para engineer di lapangan agar pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang lancar.”

Komitmen terhadap Kualitas Jaringan

Indosat menunjukkan komitmennya untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia melalui dedikasi lebih dari 3.000 engineer dan petugas teknis yang bekerja di lapangan. Mereka memastikan layanan tetap lancar, bahkan pada puncak trafik sekalipun, dengan beroperasi di DIOC (Digital Intelligence Operations Center) untuk menjaga konektivitas pelanggan.

Imam Susanto, salah seorang petugas lapangan Indosat di jalur mudik wilayah Semarang, berbagi pengalamannya, “Bagi kami, ini lebih dari sekadar tugas profesional, melainkan bentuk pengabdian di momen Lebaran yang bernilai ibadah. Meskipun kami belum bisa berkumpul saat Lebaran, ada kebanggaan tersendiri menjadi bagian dari penghubung kebahagiaan banyak orang.”

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Indosat menambah kapasitas jaringan dengan 9.600 site baru, 1.500 BTS baru, dan 53 Mobile BTS yang tersebar di berbagai titik strategis. Infrastruktur jaringan Indosat juga didukung oleh INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience), yang mengintegrasikan teknologi berbasis kecerdasan artifisial (AI) dan cognitive learning.

“Indosat tidak hanya membangun jaringan, tetapi juga kepercayaan terhadap pelanggan. Kami akan terus menghadirkan layanan yang mendukung gaya hidup digital pelanggan dengan kualitas terbaik, dan memastikan mereka selalu terhubung, terutama di momen kebersamaan yang penting seperti Idulfitri,” tutup Desmond.*/TIN

Pos terkait