PALU, MERCUSUAR – Kemajuan informasi teknologi dan digitalisasi yang berkembang pesat saat ini membuat semua institusi bisnis harus beradaptasi. Industri Jasa Keuangan (IJK) telah mempersiapkan infrastruktur dan sumber daya manusia untuk mendukung program digitalisasi keuangan itu.
Pemimpin Cabang BRI Palu, Wahib Gunadi mengungkapkan saat ini pihaknya sudah mengaplikasikan teknologi dalam aplikasi BRI Mobile (Brimob), dimana salah satu fiturnya adalah pembukaan rekening tabungan tanpa harus nasabah dating ke kantor bank tetapi hanya dengan memfoto kartu identitas dan kemudian dalam beberapa menit nomor rekening nasabah sudah jadi dan nasabah sudah bisa melakukan transaksi keuangan melalui aplikasi itu.
Branch Manager Panin Bank Palu, Linawati mengatakan pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan aplikator jasa layanan transportasi online dengan menyediakan pengisian ulang uang elektronik dan sudah tersedia dimerchant yang menjadi mitra Panin Bank.
Dengan layanan ini mengurangi penggunaan uang tunai yang beredar di masyarakat dan mendukung program pemerintah Gerakan Nasional Non Tunai yang diperkenalkan Bank Indonesia beberapa waktu lalu.
Hal senada diungkapkan Deputi Bisnis Pegadaian Area Palu, Yuslianto yang mengakui pihaknya sedang mengembangkan aplikasi layanan gadai online, dimana nasabah yang akan mengadaikan logam mulia tidak harus dating ke Pegadaian tetapi melalui Pegadaian Online dan yang akan mengambil barang gadai adalah kurir ojek online. HAI