JAKARTA, MERCUSUAR–KomitmenPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbkatau BRI dalammendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) terusditunjukkan, salah satunyalewatpemberdayaankelompokusahabinaan BRI.
Untuk membantupemasaranprodukusahabinaantersebut, BRI meluncurkanLocaloka, showcaseyang menampilkanoutletprodukklasterusaha dan UMKM binaan BRI. Acara yang dihadiri olehStafAhli BidangKeuangandan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN RILotoSrinaitaGinting dan DirekturBisnisMikro BRI Supariinidiselenggarakandi area Gedung Kantor Pusat BRI pada 17 Desember 2021, bersamaan dengan kegiatanBazaar Klaster Mantrikudan penyerahansertifikasi halal yang sudahterlaksanarutinsetiapbulan.
Suparimengatakan,Localokadihadirkansebagaiagregatorpemasaranprodukkelompokusahabinaan BRI. “Kegiataninisebagai journey pemberdayaankelompokusahabinaanBRI. Dengan mengkonsolidasikanmereka, bertahapmulai dari mini pameran yang diadakansetiapbulan, yaitu Bazaar Klaster Mantriku, hinggaterbentuknyaLocaloka,” kata Supari.
Dalam acara tersebut, produk yang dijualbermacam-macam, mulaidaribuah, sayur, frozen food dan makananringan.Localokasendiridihadirkan agar produk klasterdapatdikenallebihluas. Selamaini, pemasaranproduk klaster masih terbatas diwilayahsekitarankelompokusahaberada dan juga media pemasaranproduk masih tradisionalsehinggakurangdikenal oleh masyarakatluas.
Supari optimistis,dengan terbentukanyaLocalokadapatmemperkuatculturetenagapemasarBRI, khususnyamantrisebagaiadvisor UMKM.“Program ini juga mampumemperluasakses pasar produkkelompokusahabinaan, customer base acquisition and loyality,sertamenjadirole modelpengelolaanbusiness account bagiMantri untuk merambahonline dan go global,” tutup Supari.RES/*