Tingkatkan Pasar Digital UMKM Kota Palu Melalui Pelatihan DEA

DEA-7bb45ace
UMKM DIGITAL - Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menghadiri sekaligus menyampaikan sambutan pada acara pelatihan Enterpreneurship Academy (DEA) tahun 2022. Acara yang digagas oleh Diskominfo Kota Palu dan Diskominfo Manado tersebut di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (15/2/2022). FOTO : HUMAS PEMKOT PALU

PALU, MERCUSUAR – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menghadiri sekaligus menyampaikan sambutan pada acara pelatihan Enterpreneurship Academy (DEA) tahun 2022. Acara yang digagas oleh Diskominfo Kota Palu dan Diskominfo Manado tersebut di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (15/2/2022).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Balai Pengembagan Sumber Daya Manusia (BPSDMP) Manado dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Manado sebagai UPT dari Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo RI).

Yang telah menyelenggarakan pelatihan digital  entrepreneurship academy (DEA) bagi 100 (seratus) orang yang berkecimpung dalam bidang usaha Mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kali ini. 

Wali Kota menjelaskan, ekonomi digital di era revolusi industry 4.0 ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi pelaku usaha, baik itu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menembus pasar dengan memotong jalur distribusi produk hingga ke konsumen. Lewat teknologi digital, pelaku usaha/usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

“Dapat meningkatkan akses ke pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan pendapatan, membuka akses baru ke pasar luar negeri, transaksi lebih mudah dengan pelanggan dan Pemasok, dan biaya periklanan atau pemasaran/penjualannya lebih murah,” ujarnya.

Dengan menggandakan tingkat penetrasi jaringan broadband (pita lebar) dan meningkatkan keterlibatan umkm secara digital, maka dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi tahunan Indonesia. Umkm Indonesia dapat memanfaatkan kesempatan emas lewat e-commerce, maka UMKM dapat menjadi instrumen pertumbuhan ekonomi yang sangat penting.

Lebih dari sepertiga UKM di indonesia  masih offline, sepertiga lainnya hanya memiliki kemampuan online yang sangat mendasar (basic),  memiliki kemampuan online menengah (intermediate), dan kurang dari Sepersepuluh  adalah bisnis online lanjutan (advanced). Namun ada banyak faktor yang memengaruhi kemampuan pelaku usaha dalam proses adopsi teknologi digital untuk kemudian masuk ke dalam bisnis digital. 

Diantaranya, kurangnya pemahaman mengenai relevansi bisnis digital terhadap organisasi, ketiadaan strategi digital, kurangnya keahlian, serta persepsi biaya dan risiko perubahan fan. Hambatan lain menyangkut keamanan dan privasi, biaya implementasi bisnis digital, kurangnya strategi digital dan sumber daya yang relevan, serta kurangnya staf yang terampil untuk mengimplementasikan bisnis digital. 

“Dengan demikian digitalisasi membuka peluang baru yang tidak terbatas di segala bidang. Di bidang wirausaha,  peluang digitalisasi salah satunya adalah dapat membuka akses pemasaran baru dan pelanggan baru. Sehingga program digital entrepreneurship  academy (dea) sangat sejalan dengan tema pembangunan Kota Palu saat ini yaitu membangun Kota Palu yang mandiri, aman dan nyaman, tangguh, serta profesional dalam konteks pembangunan berkelanjutan berbasis kearifan lokal dan keagamaan,” jelasnya lagi.

Dimana salah perekonomian yang mandiri dan siap bersaing dalam perkembangan ekonomi. Oleh karena itu, selaku Wali Kota saya  berharap kepada peserta melakukan upskilling khususnya di bidang wirausaha digital untuk dapat bersaing di dalam era revolusi industri 4.0.

Selain Wai Kota Palu, pada kegiatan tersebut hadir juga Kepala BPSDMP Kominfo Manado, Darsa Jaya Hedar Kadis Kominfo Kota Palu Nathan Pagasongan, Kadis Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu Setyo Susanto dan sejumlah pejabat lainnya.RES

Pos terkait