Dukcapil Ajak Masyarakat  Rame-Rame Aktivasi IKD

Penandatanganan pemanfaatan Tas Gratis oleh Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid didampingi Kepala Dukcapil Palu Walawati. FOTO: ANDI BESSE/M

TANAMODINDI, MERCUSUAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu terus mendorong warganya untuk membuat Identitas Kependudukan Digital (IKD).Untuk meningkatkan kepemilikan IKD, Pemkot Palu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Palu. 

Penerapan IKD berdampak signifikan dalam hal penghematan anggaran belanja blangko KTP-el. Berkat IKD, pelayanan adminduk menjadi semakin mudah dan efektif serta masih banyak lagi manfaat lainnya. 

“Saat ini IKD sudah dapat diinstal melalui android maupun Iphone,” kata Kepala Dukcapil Palu, Walawati, Jumat (23/8/2024)

Walawati memaparkan, saat ini sudah tersedia 8 layanan permohonan dokumen kependudukan lewat aplikasi IKD, yaitu permohonan cetak KK, cetak Biodata WNI, perubahan Golongan Darah (WNI), Suket Pindah WNI (Individu), pecah KK WNI (Individu), permohonan akta kelahiran dan Biodata belum memiliki NIK, permohonan akta kelahiran dan biodata telah memiliki NIK, serta permohonan akta kematian, merupakan layanan kependudukan yang memudahkan warga yang dapat dilakukan melalui HP serta adanya inovasi utilitas 

Utilitas Integrasi Data Diri atau Tas Gratis yang merupakan proyek perubahan, proyek perubahan peserta PKN2 Kepala dinas Dukcapil Kota Palu yang mempunyai tujuan untuk peningkatan kualitas layanan publik.

Berdasarkan data yang sudah mendownload IKD baru pada angka 4.97 persen atau 13.758 orang dari jumlah penduduk yang wajib KTP, data ini masih jauh dari target 60 persen. Untuk itu Dukcapil terus memacu masyarakat untuk memanfaatkan IKD dalam setiap kepengurusan berkas, di mana juga dapat mencegah terjadinya pelanggaran pemalsuan data diri.

Untuk itu Dukcapil mendorong lembaga pelayanan Publik untuk memanfaatkan IKD. Sosialisasi ke lembaga tersebut telah dilakukan. Untuk itu apabila masih ada lembaga publik ini yang tidak memanfaatkan IKD, maka Dukcapil meminta warga melakukan pengaduan ke nomor WhatsApp 0878-7370-7457.

Fokus Dukcapil dengan IKD, saat ini adalah menyukseskan 9 layanan prioritas sistem pemerintahan berbasis elektronik. Hal ini merupakan realisasi dari proyek perubahan peserta PKN2 Kepala Dinas Dukcapil Kota Palu, yang mempunyai tujuan untuk peningkatan kualitas layanan publik. Pihaknya mengharapkan, OPD, lembaga swasta, lembaga keuangan di kota palu agar memanfaatkan identitas kependudukan digital ini, saat melakukan pelayanan publik.

“IKD berperan menjadi basis dari semua layanan tersebut. Dengan Tas Gratis, ke depan lembaga keuangan bahkan Samsat dalam hal pembayaran pajak kendaraan akan menggunakan IKD ini,” ujar Walawati.

Dengan terkoneksinya Tas Gratis, maka dapat meningkatkan penggunaan IKD, karena layanan Kependudukan semakin mudah dan mengurangi kunjungan langsung ke Dukcapil hanya untuk perubahan data diri dan pindah domisili pada Dokumen kependudukan dengan layanan online. ABS

Pos terkait