JAKARTA, MERCUSUAR – Kanwil Kementerian Hukum (Kemenkum) Sulawesi Tengah (Sulteng) terus mengambil langkah strategis di tengah masa transisi yang mengubah struktur kelembagaan dalam rangka memastikan keberlanjutan pelayanan publik, khususnya Divisi Pelayanan Hukum. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum, Rakhmat Renaldy didampingi oleh Kadiv Yankum, Nur Ainun, dan beberapa staf melakukan koordinasi ke Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) dan diterima langsung oleh Sesditjen AHU, Hantor Situmorang di ruang kerjanya pada Selasa (14/1/2025).
Sesditjen AHU menekankan pentingnya mempertahankan kualitas pelayanan meskipun dalam situasi yang penuh tantangan.
Ada beberapa hal yang di kemukakan oleh Kepala Kanwil Kemenkum Sulteng, Rakhmat Renaldy dalam pertemuan tersebut, di antaranya potensi peningkatan PNBP AHU di wilayah sulteng, optimalisasi badan hukum yang sesuai koridor hukum, sosialisasi layanan AHU sampai ke daerah yang sulit dijangkau, potensi pembukaan kantor pelayanan hukum, pembinaan dan pengawasan notaris, serta di ungkapkan juga hal-hal yang sangat berpotensi menjadi kendala dalam pelayanan AHU.
“Sulteng merupakan wilayah yang sangat luas dengan karakter masyarakat yang dinamis, membuat pelayanan publik yang dihadirkan harus benar-benar menyentuh seluruh lapisan. Ini merupakan tantangan yang harus segera dijawab oleh Kanwil Kemenkum Sulteng, terutama dalam menjangkau masyarakat pengguna ataupun calon pengguna layanan AHU,” ujar Rakhmat Renaldy.
Sementara itu, Sesditjen AHU mengatakan, Kemenkum RI serta seluruh kanwil harus terus memperkuat fondasi kerja pelayanan publik yang dibangun. Dirinya meminta untuk terus melakukan sosialisasi, evaluasi, serta dengan cepat menemukan solusi dalam setiap kendala yang ditemui di lapangan.
“Salah satu senjata utama pelayanan publik adalah sosialisasi yang bisa di lakukan dengan berbagai cara, manfatkan teknologi, manfaatkan media sosial dengan konten-konten menarik dan informatif. Perkuat koordinasi dan konsolidasi baik internal, maupun eksternal,” ujar Sesditjen AHU.
Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Nur Ainun menambahkan, peningkatan SDM di kantor wilayah saat ini juga menjadi concern dan sebuah hal yang harus di optimalkan, karena SDM khususnya dalam pelayanan publik menjadi pintu gerbang sekaligus ujung tombak kesuksesan pelayanan.
“Kami terus melakukan upaya-upaya dalam rangka optimalisasi dan peningkatan kapasitas terhadap ASN kami di kantor wilayah, banyak strategi dan taktik yang telah kami rumuskan untuk menjadi sebuah formula yang akan kami terapkan di wilayah yang memiliki kondisi geografis seperti di wilayah Sulteng,” ujarnya
Kepala Kantor Wilayah, Rakhmat Renaldy menegaskan, integritas dan profesionalisme dalam memberikan pelayanan terbaik adalah sebuah keharusan dengan terus memperbaiki dan memperkuat sistem, meningkatkan kerja sama dengan pihak terkait, peningkatan kapasitas SDM dan dukungan anggaran. Ini adalah beberapa poin penting yang saat ini tengah terus dibangun oleh Kanwil Kemenkum Sulteng, dalam mencapai tujuan pelayanan publik yang lebih baik, mudah, efektif efisien, dan terjangkau. */JEF