Kemenkumham Sulteng Peringati Hari Dharma Karyadhika

  • Whatsapp
Kemenkumham

BIRoBULI SELATAN, MERCUSUAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan upacara, dalam rangka peringatan hari lahir Kementerian Hukum dan HAM, atau biasa juga disebut dengan Hari Dharma Karyadhika (HDKD). Upacara ini berlangsung di halaman Kanwil Kemenkumham Sulteng, Selasa (30/10/2018), dengan tema “Sinergi Kerja – Kami PASTI”.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly, yang dibacakan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Juliasman Purba mengatakan, Dharma Karyadika adalah sebuah istilah yang diambil dari bahasa Sansekerta, yang jika diartikan secara menyeluruh yaitu ‘manusia diberikan kelebihan untuk melakukan pekerjaan, sesuai kewajiban, aturan dan kebenaran’. Dalam makna yang terkandung dari kata Dharma Karyadhika, ternyata eksistensi ASN Kemenkumham, dibuktikan melalui hasil kerjanya, dalam menjalankan kewajiban sesuai aturan.

Pilihan Redaksi :  Polisi Ringkus Belasan Warga Tavanjuka Terlibat Narkoba 

Menkumham juga menitipkan pesan untuk memperkuat sinergitas dalam menyelesaikan persoalan-persoalan dengan solusi yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan tema yang diusung tahun ini, di mana tema ini harus benar-benar diimplementasikan pada semua aspek kehidupan birokrasi di Kemenkumham.

“Memaknai Dharma Karyadhika dari sudut pandang kinerja, adalah bagaimana kita mengoptimalkan kinerja kita sebaik-baiknya. Kunci dari suksesnya suatu organisasi adalah adanya komitmen dan disiplin yang kuat dari masing-masing individunya, yang akan menciptakan budaya kerja yang baik dan sehat dalam lingkungannya,” ujarnya.

Lanjut Menkumham, khusus untuk saudara-saudara kita yang tertimpa bencana, baik di Lombok maupun di Palu, ayo kita bangkit, menatap masa depan, memperbaiki semuanya dengan kerja keras dan sinergitas. Jadilah insan pengayoman yang cerdas, bermartabat dan berwibawa.

Pilihan Redaksi :  Ketua PKK Hadiri Rapimnas Wanita Alkhairaat

Upacara ini juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan bagi para ASN yang telah memasuki masa dinas 10, 20 sampai dengan 30 tahun, serta penghargaan untuk para Purna Bhakti, yang diwakili dari Rumah Tahanan Klas IIb Donggala. Upacara ini juga dihadiri seluruh Kepala Divisi, pejabat struktural Eselon III, IV dan V, seluruh ASN di lingkungan Kemenkumham Sulteng, khususnya untuk wilayah Kota Palu dan Donggala, serta para tamu undangan lainya.

Usai melaksanakan upacara peringatan hari Dharma Karyadhika, acara dilanjutkan dengan kegiatan Ramah Tamah yang dilaksanakan di halaman tengah Kanwil Kemenkumham Sulteng. Tidak hanya di Kantor Wilayah, di beberapa UPT jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng, seperti Lapas Klas IIb Luwuk, Lapas Klas IIb Toli-Toli, Lapas Klas IIb Ampana, Lapas Klas III Leok, Rutan Klas IIb Poso, Cabang Rutan Parigi, Cabang Rutan Kolonedale, Bapas Klas II Luwuk serta Kantor Imigrasi Klas III Banggai, turut serta melaksanakan upacara serupa. JEF/*

Baca Juga