KPU Kota Palu, Rakor Persiapan Verifikasi Administrasi Keanggotaan Parpol

  • Whatsapp
KPU-dae0aa46
RAKOR - Suasana rakor persiapan verifikasi administrasi perbaikan keanggotaan Parpol yang dilaksanakan KPU Kota Palu di Hotel Santika Palu, Senin (26/9/2022). FOTO: IST

LOLU UTARA, MERCUSUAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan verifikasi administrasi perbaikan keanggotaan partai politik (Parpol) calon peserta pemilu tahun 2024 tingkat Kota Palu, Senin (26/9/2022) di Hotel Santika Palu.

Rakor tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid. Rakor kali ini juga berdasarkan keputusan KPU Nomor 346 tahun 2022 tentang Perubahan Ketiga atas Keputusan KPU Nomor 260 tahun 2022 tentang Pedoman Teknis bagi KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten dan kota dalam Pelaksanaan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR, dan DPRD. Bahwa tahapan perbaikan administrasi partai politik dimulai 15 September 2022.

Berita Terkait

Ketua KPU Kota Palu, melalui komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Iskandar Lembah menjelaskan, rapat koordinasi ini dimaksudkan agar memberikan himbauan kepada partai politik untuk melakukan pencermatan terhadap hasil verifikasi yang telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Kota Palu terhadap keanggotaan partai politik.

“Karena itu, perlu mengadakan Rakor masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan oleh Parpol tersebut,”katanya.

Menurutnya, dalam verifikasi administrasi ini, tantangan yang dihadapi adalah, tidak semua partai politik tingkat Kota Palu memiliki akun di SIPOL, sehingga kemudian dalam hal tindak lanjut terhadap hasil verifikasi administrasi dari KPU harus berkoordinasi kepada DPW maupun di DPP tingkat partai politik.

“Jumlah hasil vermin setiap partai politik itukan belum final. Hasil verifikasi administrasi dengan status memenuhi syarat itu masi mungkin bertambah. Sebab, kategori BMS-nya juga masih ada. Kalau yang BMS dilakukan perbaikan, kemudian untuk yang PMS dilakukan pergantian,”ujarnya.

Ia pun menambahkan, penting diperhatikan seluruh Parpol terlebih karena KPU Kota Palu sebagai perpanjangan tangan KPU pusat. Artinya, persoalan ini harus segera dibenahi agar komunikasi bisa lebih lancar, termasuk jika ada masalah administrasi yang berbeda seperti data KTP, nama identitas serta lainnya yang sudah masuk dalam SIPOL KPU tersebut. RES

Baca Juga