BESUSU TIMUR,MERCUSUAR –Untuk membantu membangkitkan kembali ekonomi Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), TDA Peduli menggagas program Kapal TDA Kolaborasi Untuk Negeri (KUN), dengan titik pemberangkatan dari Pelabuhan Surabaya yang berangkat sejak 13 Februari 2021 dan diperikarakan tiba di Palabuhan Kota Makassar pada 15 Februari 2021.
Untuk itu, Direktorat program khusus TDA Pusat langsung menghubungi daerah terdekat dengan wilayah Sulbar, yakni Kota Makassar dan Kota Palu. Ketua TDA Palu, Bahar, Minggu (14/2/2021) mengatakan, Program Kapal KUN TDA digerakkan usai penyaluran donasi untuk keperluan sembako, sebagai respon cepat kemudian dilanjutkan kegiatan pemulihan setelah sumbangan TDA se-Indonesia dikirim dengan dua daerah sasaran yakni Kabupaten Mamuju dan Majene menggunakan truk pada 16 Februari 2012 setelah menginap semalam di gudang teman TDA Makassar.
Selain melakukan penyaluran bantuan dari Kapal TDA KUN disalurkan bersama TDA Palu, TDA Mamuju dan dibantu TDA Makasaar, selanjutnya untuk penerimaan donasi Kapal TDA KUN pada pesta wirausaha dengan tema ‘Spirit Kolaborasi untuk Mamuju Bangkit’ selama tiga hari dimulai 17 sampai dengan 19 Februari 2021.
Bahar mengatakan, kegiatan tersebut di Taman Karema Mamuju dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yang mana terdapat panggung hiburan rakyat, pameran produk UMKM, dan kelas bisnis.
Kata Bahar, support pelaksanaan acara pesta wirausaha Mamuju yang bertemakan Mamuju bangkit, yang dilaksanakan TDA Palu, juga dari TDA Makasaar, TDA Jentago, TDA Bulukumba dan TDA Luwu Raya serta TDA Pusat dan seluruh TDA daerah lainya.
“Kesempatan ini kami mengajak teman-teman TDA Palu mensupport teman TDA Mamuju dan UMKM yang ada disana untuk bangkit dan memulai aktifitas seperti sebelumnya, sebagaimana juga yang pernah kita adakan di Palu,dengan berangkat bersama dan mengikutkan produk member TDA di pameran Pruduk selama pelaksanaan pesta wirausaha,” ujarnya.
Saat ini, persiapan pemberangkatan rombongan dan pelaksanaan pesta wirausaha terus dimatangkan melalui rapat koordinasi via virtual. ABS