TANAMODIMDI,MERCUSUAR- Pemerintah Kota Palu khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu menambah ruang akses pelayanan administrasi kependudukan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Provinsi Sulteng di Jalan Cuk Ditiro terhitung sejak akhir Juni 2020.
“Jadi semua layanan yang biasanya di Kantor Dukcapil Jalan Balaikota Timur akan dipecah ke bangunan baru di MPP, namun untuk layanan baru, untuk perubahan data tetap di Kantor Dukcapil lama ini serta perekaman” kata Kepala Dukcapil Palu, Rosida Thalib, Selasa(7/7/2020).
Rosida mengatakan, di MPP untuk pengambilan dokumen baik KTP dan KK yang telah dicetak, dan pelayanan masih terbatas karena jatah meja hanya 1, sehingga untuk melengkapinya, lanjut Rosida meminta tambahan meja layanan, hal ini untuk mendekatkan masyarakat dengan pelayanan dan terkoneksi dengan layanan satu pintu lainnya.
Dikatakannya, dengan satu kompleks, masyarakat bisa mengakses sejumlah layanan di Kantor Dukcapil Kota Palu, ada layanan pembuatan akta seperti akta kelahiran hingga akta kematian.
Ia menyebut, surat keterangan pindah masuk dan pindah juga dilayani di MPP, sedangkan untuk Kartu Identitas Anak (KIA) dan perekaman KTP layanannya di Kantor Disdukcapil, dimana setiap harinya layanan dibatasi hanya sampai pukul 14.30 wita dan sebanyak 100 orang, ini agar menghindari keramaain warga.
“Di dinas bisa untuk pengaduan dokumen kependudukan dan catatan sipil,yang terlebih dahulu dapat mengirimkan data di nomor layanan WhatsApp, terangnya.
Untuk pemindahan tersebut katanya lagi, Disdukcapil juga memindahkan jaringan ke MPP, sehingga tidak hanya di kantor induk dapat melakukan perekaman. “Peralatan penunjang sudah disiapkan, seperti komputer dan alat pendukung lainnya,” katanya.
Pantauan antara hari pertama pindahnya pelayan Disdukcapil ke MPP, masyarakat sudah banyak yang antre untuk mengurus administrasi kependudukan. Sepertinya masyarakat sudah mulai tahu perpindahan layanan tersebut.
Iwan salah seorang warga Palu menyatakan senang layanan kependudukan pindah ke MPP, sehingga mudah untuk mengurus layanan lainya seperti pendaftaran BPJS dan perizinan, sebab satu gedung semua. ABS