Los Pakaian Cakar di Pasar Masomba Terbakar 

TATURA UTARA, MERCUSUAR – Pasar Tradisional Masomba, Kelurahan Tatura Utara kembali terbakar, Rabu (30/11/2022) malam tadi. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan puluhan lapak/los di pasar tersebut.

Informasi yang diperoleh, kebakaran terjadi sekira pukul 21.30 wita, api pertama kali terlihat dari los bagian tengah atau di los penjualan pakaian bekas atau biasa disebut cakar (cap karung). 

Warga atau para pedagang berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, namun karena di los tersebut banyak pakaian bekas, sehingga membuat api cepat berkobar.

Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu (Damkarmat) menurunkan beberapa unit kendaraan untuk memadamkan kobaran api,petugas bergerak cepat sebelum api merambat dan menghanguskan ke los lainnya.

“Saya tidak tahu persis apa penyebabnya, cuma saya lihat tadi api dari bagian tengah pasar,”ujar salah seorang warga, Ramli. 

Sebelumnya, Kebakaran yang terjadi di Pasar Tradisional Masomba, Kota Palu, Sabtu (27/8/2017) malam diperkirakan menghanguskan sekitar 260 kios milik pedagang dengan jumlah kerugian material ditaksir mencapai miliaran rupiah.

“Kobaran api baru bisa dijinakkan oleh petugas pemadam kebakaran, sekitar dua jam kemudian,” Kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu, Musliman Malappa.

Kebakaran yang terjadi kali ini sudah merupakan keempat kalinya dalam kurun beberapa tahun terakhir ini. Sebelumnya pada 8 Agustus 2017, pasar ini terbakar dan melenyapkan tempat berdagang 177 pedagang.Pemkot Palu menyebutkan sampai saat ini 300-an lapak yang ada di pusat perbelanjaan itu terbakar lalu dibangun kembali. AMR

Baca Juga