Pemenuhan Hak Bersyarat Anak Binaan, LPKA Palu Raih Nilai Sempurna

  • Whatsapp

PETOBO, MERCUSUAR – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu menerima kunjungan kerja supervisi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Selasa (20/2/2024). Mereka berhasil memperoleh nilai sempurna dalam pemenuhan hak bersyarat anak binaan.

Berlokasi di ruang kerja seksi Registrasi dan Pembinaan, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun yang turut serta didampingi oleh pejabat struktural dan Operator Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) mengatakan, pihaknya telah berkomitmen dalam pemenuhan hak bagi seluruh anak binaan, serta memastikan seluruh perangkat yang digunakan dalam kondisi yang baik. 

Dalam kegiatan tersebut, tim supervisi Ditjenpas diwakili oleh Kelompok Kerja Administrasi Pembinaan Narapidana dan Anak Binaan Direktorat Pembinaan Narapidana dan Anak Binaan, Dwi Fu’ad Jamali, Risa Siti Anggaraena, dan Latifah Mukhlasin.

Selanjutnya, Fu’ad meninjau secara langsung pada perangkat yang digunakan khususnya dalam melakukan pengusulan hak bersyarat bagi seluruh anak binaan. Adapun fokus pemeriksaannya yakni, daftar usulan Remisi berjalan, Remisi Susulan, proses pencatatan pada buku register, usulan integrasi, dan hambatan-hambatan yang dihadapi LPKA Palu dalam pemenuhan hak bersyarat anak binaan.

“Semunya bagus, mulai dari perangkat yang digunakan, jaringan, serta penempatan ruangannya yang sangat nyaman. Pertahankan kerja baik ini, laksanakan semua arahan berdasarkan peraturan yang ada,” ujar Fu’ad.

Pada momen itu, dirinya mengapresiasi kecakapan dan ketepatan LPKA Palu dalam mengerjakan usulan hak bersyarat bagi seluruh anak binaan sehingga memperoleh nilai yang sempurna dibandingkan beberapa unit pelaksanaan teknis (UPT) yang berada dibawah naungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kemenkumham Sulteng).

“Kegiatan ini bertujuan untuk melihat secara langsung pemenuhan hak bersyarat terutama dalam pemberian remisi bagi anak binaan. Luar biasa atas kinerja baiknya, Terima kasih bapak Kepala LPKA Palu bersama teman-teman operator. Semoga dengan hasil ini dapat memberikan motivasi lebih bagi teman-teman di lapangan,” terangnya

Sementara itu, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun turut bangga atas apresiasi yang diberikan serta merasa bersyukur dapat menerima langsung kunjungan kerja dari tim supervisi Ditjenpas.

Baca Juga