BIROBULI UTARA, MERCUSUAR – Di tengah merebaknya virus Corona dalam penerapan Physical Distancing, BPJS Kesehatan menghadirkan inovasi melalui fitur CHIKA dan VIKA. Dengan fitur ini diharapkan mampu membantu peserta JKN-KIS memenuhi kebutuhannya dalam kepesertaan Program JKN-KIS.
“Kali ini, kami perkenalkan inovasi terbaru CHIKA dan VIKA yang dapat diakses oleh peserta JKN-KIS dimanapun dan kapanpun. Apalagi, saat ini marak virus Corona yang mengharuskan masyarakat untuk berdiam di rumah. Dengan adanya inovasi yang kami berikan, peserta JKN-KIS sudah tidak perlu datang ke kantor untuk mendapatkan pelayanan, karena mereka dapat mengaksesnya lewat layanan CHIKA dan VIKA,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) BPJS Kesehatan Cabang Palu, Muhammad Arbi, Kamis (25/6/2020).
CHIKA merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspons Artificial Intelligence (AI). CHIKA dapat memberikan informasi seperti cek status peserta, cek tagihan BPJS Kesehatan, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor cabang BPJS Kesehatan, ubah data peserta, dan registrasi peserta. Adapun Fitur CHIKA ini dapat diakses melalui beberapa media sosial seperti Facebook Messenger, Telegram, dan Whatsapp.
Selain CHIKA, adapula layanan VIKA yang merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.
Arbi mengatakan bahwa memasuki era teknologi, seluruh masyarakat menginginkan mengakses keperluan hanya lewat smartphone saja. Dengan adanya media sosial, masyarakat mampu memenuhi kebutuhannya tanpa harus keluar rumah.
“Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan seluruh peserta JKN-KIS, karena zaman sekarang sudah hampir semua kalangan memiliki media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Telegram. Apalagi di masa sekarang ini, masyarakat diimbau lebih baik di rumah saja untuk menghindari penyebaran Covid-19. Fitur ini tentunya menjadi salah satu solusi yang menjadi jawaban bagi peserta JKN-KIS yang sedang membutuhkan informasi kepesertaan JKN-KIS,”jelasnya.
Penerapan CHIKA dan VIKA ini telah dapat dirasakan langsung oleh salah satu peserta JKN-KIS, Amar B. Sebagai salah satu penikmat media sosial, dia mengaku fitur CHIKA memberi warna yang cukup menarik bagi anak muda karena dapat memahami Program JKN-KIS melalui penjelasan-penjelasan yang ada di laman fitur CHIKA,apalagi dapat melihat tagihan.
Sebagai informasi, Layanan Chat Assistent JKN (CHIKA) ini dapat diakses pada Aplikasi Facebook BPJSKesehatanRI dan aplikasi Telegram melalui link http://t.me/BPJSKes_bot serta aplikasi Whatsapp pada nomor 08118750400. ABS