Posko Ramadan Jadi Sentral Pengawasan Wilayah

  • Whatsapp
POSKO RAMADAN – Pengawasan di masing-masing posko Ramadan di Kelurahan Panau dan Pantoloan Boya, Kecamatan Tawaeli. FOTO: IST

PANAU, MERCUSUAR – Kelurahan Panau dan Kelurahan Pantoloan Boya, Kecamatan Tawaeli, menindaklanjuti instruksi Wali Kota Palu, untuk mendirikan Posko Ramadan di wilayah masing-masing. Posko Ramadan tersebut didirikan sebagai pusat kegiatan pengawasan Satgas K5 di masing-masing kelurahan, untuk memastikan kondusifitas wilayah masing-masing, selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri.

Lurah Panau, Robby Ariyanto, Selasa (5/6/2018) mengatakan, Posko Ramadan di wilayahnya sudah beroperasi selama seminggu terakhir. Adapun posko Ramadan tersebut dipusatkan di Kantor Kelurahan Panau, yang terletak di depan Jalan Trans Sulawesi, yang menjadi salah satu jalur arus mudik di Kota Palu.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  FPPTI Diminta Tingkatkan Kompetensi Pustakawan

Sementara itu, Lurah Pantoloan Boya, Ridwan Mustapa, Selasa (5/6/2018) mengatakan, posko Ramadan di wilayahnya didirikan di Jalan Merdeka, RW 1 Wara, yang juga telah beroperasi selama seminggu terakhir.

Adapun pengawasan yang dilakukan oleh Satgas K5 di kedua kelurahan tersebut, dilakukan secara rutin dengan sasaran yang berbeda. Panau misalnya, melakukan pengawasan di kos-kosan, untuk mengecek kelengkapan dokumen kependudukan serta menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tindak kriminal, narkoba, miras, hingga terorisme.

“Selain itu, kami juga melakukan pengawasan terhadap agen LPG 3 kg, untuk memastikan tidak ada penjual LPG 3 kg, selain agen yang terdaftar,“ ujar Robby.

Sementara itu, Satgas K5 Pantoloan Boya lewat posko Ramadan, rutin melakukan monitoring di seluruh wilayah kelurahan. Ridwan juga menjelaskan, posko tersebut juga berfungsi sebagai tempat pengaduan masyarakat bila terjadi permasalahan.

Pilihan Redaksi :  Terima Kunjungan M1G, Farid Podungge: Mari Kita Jaga Silaturahmi Sesama Anak Bangsa

“Sejauh ini belum ada aduan terkait permasalahan di masyarakat. Kita tetap rutin melakukan pengawasan dan pemantauan secara menyeluruh,” jelas Ridwan.

Baik Robby maupun Ridwan, dengan kehadiran Posko Ramadan ini, terutama di momen mendekati Hari Raya Idul Fitri ini, tidak henti-hentinya menghimbau warganya masing-masing, untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, serta kebersihan lingkungannya. JEF

 

Baca Juga