Proyek Kebun Kopi Masuk Strategi Nasional

  • Whatsapp

 

PALU, MERCUSUAR – Kepala Badan Pelaksanaan Jalan Nasional  (BPJN) XIV Palu, Akhmad Cahyadi, memastikan proyek jalan nasional di jalur Kebun Kopi bakal selesai sampai tahun 2022. Hal itu dikemukakan, Akhmad Cahyadi, pekan lalu. Ia mengemukakan, paket proyek tersebut merupakan salah satu proyek strategis nasional yang tengah diprogramkan oleh Kementrian PUPR.

Berita Terkait

“Daerah Kebun Kopi kita tangani, karena proyek tersebut merupakan proyek strategis nasional yang penanganannya sampai tahun 2022,” katanya.

Menurut Akhmad Cahyadi, Kebun Kopi merupakan daerah yang berpotensi terjadinya longsor. Longsor tersebut disebabkan struktur tanah dan lapisan tanahnya yang jika terjadi perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau, atau sebaliknya pasti terjadi longsor. Panjang jalan yang ditangani BPJN XIV Palu, yakni sekitar 33 Km yang berpotensi terjadi longsor tinggi.

Pilihan Redaksi :  Tombolotutu, Pahlawan Milik Rakyat Sulteng

“Makanya kami gali tanahnya sebelum terjadi longsor,” jelasnya.

Dalam penanganannya kata dia, dilakukan secara bertahap. Saat ini,  BPJN Palu tengah menangani  Paket II dengan panjang kurang lebih 4 kilometer. Di tahun ini juga kata Akhmad, sedang dalam pelelangan paket sepanjang IV Km yang juga akan ditangani BPJN Palu.

“Hingga sampai tahun 2021, semuanya sudah selesai,” terangnya.

Selain penanggulangan longsor, pada tahun 2022, BPJN Palu juga bakal mengejarkan pembangunan flyover atau jalan layang di wilayah Kota Palu Taweli – Pantoloan sekira 1 kilometer. Hal ini dilakukan guna menunjang pelaksanaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Palu.  Terutama,  mewujudkan proses ekonomi antara daerah menjadi lebih lancar dan baik. BOB

Baca Juga