Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu melangsungkan program ‘Simaleo Bergerak’ selama tiga hari di masing-masing kelurahan di Kota Palu, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
“Jadi warga tidak usah khawatir, karena di tiap kelurahan dilangsungkan tiga hari, sehingga dinilai cukup waktu bagi warga untuk mengurus dokumen kependudukan,” kata Kadis Dukcapil Kota Palu, Rosida Thalib, usai pelaksanaan Simaleo Bergerak di Kelurahan Taipa, belum lama ini.
Dia menambahkan, dengan program tersebut, pihaknya menurunkan sejumlah petugas dengan menerapkan sistem ‘jemput bola’ dalam memberikan layanan pengurusan dokumen kependudukan, sehingga warga tidak usah bersusah payah ke kantor Dukcapil, cukup mengurus dokumen kependudukan di kantor kelurahan setempat.
sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu, melaksanakan Inovasi Simaleo Bergerak atau Sistem Mobile Pelayanan Dokumen Kependudukan yang bersih, gratis, dan praktis di sejumlah kelurahan yang di Kota Palu.
“Semua dokumen kependudukan kita layani di Kelurahan, mulai dari akte kematian, akte lahir, Kartu Keluarga (KK), KTP, dan KIA. Untuk pelayanannya dimulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 Wita,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Palu, Fajarini.
Fajarini mengatakan, di pelayanan mobile ini Disdukcapil sebenarnya memfokuskan kepada warga yang datanya masih nonaktif, atau data kependudukannya tidak terbaca di sistem BPJS Kesehatan, dan di lembaga pengnuna lainnya, karena masyarakat itu tidak pernah memperbarui datanya 2011 atau 2008. IKI/*