BIROBULI UTARA, MERCUSUAR – Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Palu melaksanakan peringatan Pekan Pelayanan Publik dalam rangka Bulan Mutu Karantina Ikan Tahun 2021.
Kegiatan tersebut sekaligus menyambut Hari Pelayananan Publik Internasional yang jatuh pada 23 Juni kemarin. Pada kegiatan tersebut, Stasiun KIPM Palu melalui Pekan Pelayanan Publik tahun 2021 menyediakan berbagai pameran, makanan ringan, minuman dan souvenir untuk para pengguna jasa. Ruang pelayanan juga di dekorasi dengan khas adat kaili Sulawesi Tengah. Petugas pelayanan menggunakan baju adat selama pekan pelayanan publik.
“Transformasi digital pelayanan public BKIPM untuk kemudahan berusaha, merupakan tema yang dipilih pada pekan pelayanan public tahun 2021. Melalui tema tersebut Stasiun KIPM Palu menyediakan informasi mengenai produk layanan serta tarif biaya untuk produk layanan yang dapat dilihat oleh masyarakat secara langsung melalui layar display elektronik kantor Stasiun KIPM Palu,”kata, Kepala Stasiun KIPM Palu, Khoirul Makmun, S.Pi, M.M, Jumat (2/7/2021).
Pelayanan publik di Stasiun KIPM Palu sudah diselenggarakan secara Elektronik atau E-service, dimana pelaksanaannya memanfaatkan sistem elektronik berbasis internet yaitu, Sertifikasi kesehatan ikan dan mutu serta keamanan produk perikanan melalui PPK ONLINE, http://ppk.bkipm.kkp.go.id, Sertifikasi HACCP bagi Unit Pengolahan Ikan melalui aplikasi HONEST, http://www.haccp.bkipm.kkp.go.id, Sertifikasi IKI dan CKIB bagi unit Usaha Pembudidaya Ikan melalui aplikasi CKIB ONLINE, http://www.ckib.bkipm.kkp.go.id, dan Pembayaran PNBP melalui sistem electronic (non tunai) menggunakan mesin EDC.
“Stasiun karantina ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan atau yang lebih dikenal dengan Stasiun KIPM Palu merupakan Unit Pelaksana Teknis Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan – Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sebagai salah satu penyelenggara pelayanan publik yang mempunyai tugas dan fungsi untuk melaksanakan pencegahan, masuk dan tersebarnya hama dan penyakit ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan melalui sertifikasi Kesehatan ikan serta melindungi dan melestarikan agen hayati perairan Indonesia,”jelasnya.
Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai salah satu fokus reformasi birokrasi di Lingkungan Badan KIPM, yang mencerminkan pelaksanaan prinsip “good and clean governance”, maka dilaksanakan Pekan Pelayanan Publik dalam rangka Bulan Mutu Karantina tahun 2021.
“Kami mengangkat tema “Transformasi digital pelayanan public BKIPM untuk kemudahan berusaha”dimaksudkan agar transformasi digital dapat menyentuh hingga ke tingkat masyarkat luas yang berorientasi kepada pelaku usaha perikanan untuk pelayanan publik yang lebih prima dan diharapkan akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat perikanan, selain itu diharapkan Transformasi digital ini juga mencakup bagaimana mengintegrasikan seluruh area layanan sehingga mampu menciptakan suatu nilai tambah yang memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pengguna jasa yang bergerak dalam bidang usaha Perikanan,”tutupnya.UTM