LERE, MERCUSUAR – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama bekerja sama dengan Ombudsman Republik Indonesia, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah.
Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UIN Datokarama, Dr. Faisal Attamimi, dan Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Mokhammad Najih, Minggu (3/12/2023).
Ruang lingkup kerja sama dua pihak tersebut meliputi percepatan penyelesaian laporan masyarakat, pencegahan maladministrasi, pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, pengembangan sumber daya manusia, pertukaran informasi dan data.
Kerja sama ini dilakukan, dengan tujuan mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang optimal, serta terlaksananya tri dharma perguruan tinggi untuk menopang peningkatan standar kualitas layanan.
Faisal Attamimi mengemukakan, kerja sama tersebut penting dilakukan untuk mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas, yang berdampak terhadap peningkatan kualitas pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan perguruan tinggi maupun satuan pendidikan.
“Kerja sama ini menjadi hal penting, di tengah derasnya tantangan yang dihadapi dalam upaya optimalisasi pelayanan publik,” ujar Faisal.
Ia mengemukakan, melalui kerja sama yang dibangun, UIN Datokarama menegaskan diri sebagai perguruan tinggi yang berkontribusi dalam upaya meningkatkan pelayanan publik. Salah satu bentuk kontribusi itu, sebut dia, UIN akan melakukan riset terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik. *ABS